Berita Riau

Akibat Mangkrak, Riau Town Square, Pasar Cik Puan dan Pujasera Arifin Achmad Diaudit BPKP

Sebelumnya aset ini sudah ada penyerahan dan perjanjian pengelolaan baik dengan swasta maupun pemerintah Kota Pekanbaru namun tidak berjalan.

Akibat Mangkrak, Riau Town Square, Pasar Cik Puan dan Pujasera Arifin Achmad Diaudit BPKP
Foto/net
Aktivitas pembangunan Menara Riau Town Square (Ritos) di Komplek Purna MTQ dilanjutkan 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau ternyata serius untuk menuntaskan permasalahan aset mangkrak. Setidaknya ada tiga aset mangkrak milik Pemprov Riau yang akan diaudit atau istilah lain Dudiligen oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Tiga Aset Pemprov tersebut yakni Riau Town Square (Ritos), Kawasan Pujasera Arifin Achmad, dan Pasar Cik Puan Pekanbaru.

Sebelumnya aset ini sudah ada penyerahan dan perjanjian pengelolaan baik dengan swasta maupun pemerintah Kota Pekanbaru namun tidak berjalan.

Maka menurut Sekda Provinsi Riau Ahmad Hijazi mesti dituntaskan dengan cara pendekatan berbagai macam, diantaranya harus diselesaikan dengan rapat mufakat kembali dengan pihak yang berkepentingan.

Baca: VIDEO: Pemprov Riau Belum Komunikasi Dengan Ritos Terkait Pembangunan Gedung Quran Center

Baca: Pemprov Segera Selesaikan Masalah Pasar Cik Puan dan Ritos

"Harus diselesaikan masalahnya dengan cara mufakat dulu dengan pihak yang berwenang, misalnya Ritos sebelumnya ada perjanjian pengelolaan dimasa pak Rusli Zainal, maka dilihat kembali, "ujar Ahmad Hijazi kepada Tribunpekanbaru.com Jumat (14/6).

Namun bila tidak ada kata mufakat lagi dengan pihak yang terkait maka upaya selanjutnya dibawa ke pengadilan untuk diselesaikan di Pengadilan.

"Kalau memang tidak selesai baru ke pengadilan nanti, itu opsi terakhir, "ujar Ahmad Hijazi.

Menurut Sekda, Pemerintah Provinsi Riau mengikuti ketentuan bahkan ada juga opsi untuk melibatkan BPKP melakukan Dudiligen atau audit pemisahan aset, sehingga diketahui mana aset milik Pemprov dan mana aset milik Pemko untuk Pujasera dan Pasar Cik Puan.

Baca: Pemprov Riau Tinjau Ulang Pinjam Pakai Lahan Pujasera dengan Pemko Pekanbaru.

"Setelah ada hasil jelasnya mana saja aset milik Pemprov dan mana aset milik Pemko, baru ada upaya selanjutnya, yang jelas kita ikuti ketentuan, "ujarnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya dua aset Pemprov Riau yakni Pujasera dan Pasar Cik Puan diberikan kepada Pemko untuk dikelola namun pada kenyataannya tidak dimanfaatkan dengan baik. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved