Tekno

Kominfo Pastikan Tidak Ada Pembatasan Media Sosial Hari Ini

Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) memastikan bahwa pemerintah tidak melakukan pembatasan media sosial hari ini

Kominfo Pastikan Tidak Ada Pembatasan Media Sosial Hari Ini
instagram
Whatsapp Down, Instagram Error dan Facebook Down Hari ini 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Sidang sengketa Pilpres 2019 digelar hari ini Jumat (14/6/2019), Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) memastikan bahwa pemerintah tidak melakukan pembatasan media sosial.

Pada Kamis (13/6/2019) kemarin, Kementerian Kominfo mengatakan ada kemungkinan bahwa pembatasan media sosial akan kembali dilakukan saat sidang perdana MK hari ini.

Namun dikarenakan sidang di Mahkamah konstitusi (MK) terkait permohonan sengketa Pilpres yang diajukan oleh kubu Capres 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berjalan kondusif, pembatasan media sosial tak dilakukan. 

"Iya, hari ini tidak ada pembatasan untuk media sosial," ungkap Plt Kepala Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, saat dihubungi KompasTekno, Jumat (14/6/2019) siang.

Selain itu, Ferdinandus juga mengungkapkan bahwa pihak Kominfo tidak melihat adanya eskalasi konten hoaks dan hasutan sehingga pembatasan media sosial yang sempat dilakukan pascapilpres lalu, tidak kembali dilakukan hari ini.

"Iya betul, (tidak ada eskalasi konten hoaks)," lanjutnya.

Baca: 5 Fakta Video Mesum Siswa SMK Bulukumba Janganko Kasi Nyala Blitznya, Dilakukan di Ruang Kelas

Baca: Sidang Sengketa Pilpres 2019, Tim Hukum 02 Sebut 3 Pemilik Media Massa Ini Tak Netral

Baca: Jelang Sidang Perdana Sengketa Pilpres 2019, Kemungkinan Pembatasan WA hingga Imbauan Prabowo

Whatsapp Down, Instagram Error dan Facebook Down Hari ini
Whatsapp Down, Instagram Error dan Facebook Down Hari ini (instagram)

"Situasional dan Kondisional. Jika eskalasi berita hoaks dan hasutan meningkat sangat luar biasa disertai dengan kejadian di sekitar MK yang membahayakan keutuhan NKRI," ungkap Ferdinandus saat dihubungi KompasTekno, Kamis (13/6/2019).

Pembatasan media sosial ini pertama kali dilakukan Kominfo saat situasi memanas pascapemilu pada 21 dan 22 Mei lalu.

Ketika itu, Kominfo membatasi sejumlah fitur pada media sosial dan layanan pesan instan WhatsApp, seperti mengirim & menerima gambar, bukan memblokir sepenuhnya.

Sebelumnya, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menolak hasil rekapitulasi nasional yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, pasangan Prabowo-Sandiaga kalah suara dari pasangan calon presiden dan wakil presiden 01, Jokowi-Ma'ruf. Selisih suara keduanya mencapai 16.594.335 suara. (*) 

Editor: Sesri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved