Heboh Foto Setya Novanto Pelesiran, Kakanwil Kemenkumham Jabar Minta Maaf dan Sebut Lalai

Berkaitan dengan hal itu, Liberti akan mendalami berita acara pemeriksaan petugas pengawal tersebut agar bisa melakukan upaya langkah ke depannya

Heboh Foto Setya Novanto Pelesiran, Kakanwil Kemenkumham Jabar Minta Maaf dan Sebut Lalai
Istimewa via Tribunnews.com
Foto pertama yang beredar. Dalam foto diduga terpidana korupsi KTP elektronik, Setya Novanto, sedang berada plesiran di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (14/6/2019). Akibat beredarnya foto ini, Setnov dipindah dari Lapas Sukamiskin Bandung ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.(handout/dok Tribun) 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak menyampaikan permintaan maafnya atas peristiwa kelalaian dan keteledoran pengawalan izin berobat Setya Novanto. Seperti diketahui, Novanto kedapatan pelesiran di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, pada Jumat (14/6/2019) kemarin.

Berkaitan dengan hal itu, Liberti akan mendalami berita acara pemeriksaan petugas pengawal tersebut agar bisa melakukan upaya langkah ke depannya seperti apa.

"Berkaitan dengan itu, saya sebagai pimpinan di Jabar menyampaikan permintaan maaf atas kelalaian dan keteledoran ini sehingga peristiwa itu terjadi. Dengan peristiwa ini saya akan mencoba mendalami dulu berita acara pemeriksaan kepada pegawai yang harusnya bertanggung jawab itu untuk bisa melakukan langkah-langkah ke depan. Itu yang saya lakukan," ucapnya.

Baca: Begini Cara Setya Novanto Menyamar hingga Bisa Jalan-jalan di Galeri di Bandung Didampingi Perempuan

Sebelum adanya informasi pelesiran, Setya Novanto sempat dirawat di RS Santosa Bandung setelah mendapatkan izin berobat dari tempat dirinya ditahan yakni di Lapas Sukamiskin Liberti bahkan sempat mengunjungi Novanto di rumah sakit pada tanggal 12 Juni 2019 untuk memastikan keberadaannya di rumah sakit dan menanayakan penyakit yang diderita narapidana Lapas Sukamiskin tersebut.

Namun, Liberti tak bisa menyampaikan penyakit Novanto, pasalnya hal itu sudah menjadi kewenangan dokter untuk menjelaskan.

Meski begitu, saat di rumah sakit, Liberti juga berpesan kepada Setya Novanto untuk tidak membuat kegaduhan ketika berobat.

Baca: Setya Novanto Kembali Kabur dari Penjara: Inilah Kisah Hidup Sang Mantan Pedagang Beras

"Saya bilang ke beliau, sudah kalau berobat ya berobat, jangan buat kegaduhan yang aneh - aneh, berobat saja," katanya. Namun, Jumat (14/6/2019), Liberti mendapat laporan dari Kalapas Sukamiskin terkait berita di media sosial terkait Setya Novanto yang tengah berada di Padalarang.

"Setelah tahu itu, saya sambil on the way lapas Sukamiskin, perintahkan lakukan pemeriksaan terhadap petugas pengawalnya sekaligus juga kepada Setnov-nya," katanya.

Berdasarkan keterangan sementara dari petugas yang melakukan pengawalan Novanto, sekitar pukul 13.45 WIB, Setya Novanto dan istrinya izin untuk membayar administrasi karena pada saat itu ia sudah diperkenankan pulang oleh pihak rumah sakit.

Akan tetapi, setelah ditunggu berjam-jam, Novanto tak menunjukkan batang hidungnya, sampai akhirnya petugas tersebut menjemput Novanto dan turun dari lantai 8 ke lantai 1.

Baca: Buntut Foto Plesiran di Toko Bangunan di Padalarang, Setya Novanto Ditempatkan di Ruang Isolasi

Halaman
12
Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved