Berita Riau

Kisah Petugas PLG Minas Menghalau Gajah Liar, Rela Jauh dari Keluarga dan Berlebaran di Kebun Sawit

habitat gajah liar ini semakin lama semakin tergerus dengan adanya aktifitas pembukaan lahan untuk perkebunan dan perumahan yang juga semakin masif.

Kisah Petugas PLG Minas Menghalau Gajah Liar, Rela Jauh dari Keluarga dan Berlebaran di Kebun Sawit
Istimewa
Petugas PLG Minas dan BBKSDA Riau saat bersiaga untuk menghalau gajah agar tak masuk ke kebun warga di Rumbai, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Kasus konflik gajah dan masyarakat di daerah perbatasan Kecamatan Minas, Rumbai, dan Tapung, Provinsi Riau memang bukan hal yang baru terjadi.

Bahkan dari tahun ke tahun, intensitas konflik terus saja meningkat. Pertemuan satwa liar berbelalai ini dengan manusia, sudah menjadi hal yang lumrah terjadi.

Gajah-gajah ini kerap masuk ke kebun-kebun warga dan merusak sejumlah hal yang ada di sana. Seperti tanaman sawit, serta gubuk atau pondok milik warga.

Maraknya aktivitas gajah liar di areal perkebunan tersebut, disebabkan oleh minimnya pengawasan dari pemilik atau penjaga kebun itu sendiri.

Baca: Diangkut Pakai Truk 3 Jam & Alami Dehidrasi,2 Gajah Jinak Akhirnya Sukses Giring Kawanan Gajah Liar

Terlebih jelang lebaran, kebun-kebun akan banyak kosong ditinggalkan sang empunya yang mudik ke kampung halaman.

Gajah liar ini pun akhirnya dengan leluasa masuk ke dalam areal perkebunan.

Beruntung ada tim dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, dan petugas lapangan Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau yang dengan sigap, turun ke lokasi untuk menghalau gajah.

Hal ini guna meminimalisir kerusakan yang lebih parah di areal kebun warga, lantaran dimasuki oleh gajah-gajah liar ini. Belum lagi, jarak ke pemukiman juga sangat dekat.

Baca: Gajah Bernama Rahman dan Indro Masih Berupaya Menggiring Kawanan Gajah Liar Ke TNTN

Seorang petugas PLG Minas yang bertugas di lapangan untuk menghalau gajah, Widodo, saat berbincang dengan Tribun mengatakan, sudah sejak 30 Mei 2019 lalu dia dan kawan-kawan terjun ke lapangan untuk menghalau gajah.

"Dia pindah-pindah. Yang sudah itu di Desa Rantau Panjang, Desa Maharani, dan Desa Agrowisata," ucapnya, Sabtu (15/6/2019).

Halaman
123
Penulis: Rizky Armanda
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved