KPU Sumsel Ikut Diperiksa Polisi Setelah 5 Komisioner KPU Palembang Ditetapkan Sebagai Tersangka

Kapolresta Palembang Kompol Didi Hayamansyah menambahkan, meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka, lima komisoner KPU Palembang itu tak dilakukan

KPU Sumsel Ikut Diperiksa Polisi Setelah 5 Komisioner KPU Palembang Ditetapkan Sebagai Tersangka
KOMPAS.com/AJI YK PUTRA
Para komisioner KPU Sumsel diperiksa sebagai saksi oleh penyidik di Polresta Palembang, terkait penetapan status tersangka lima orang komisioner KPU Palembang, Sabtu (15/6/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM-Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan, diperiksa penyidik Polresta Palembang sebagai saksi terkait ditetapkannya lima orang komisoner KPU Palembang, sebagai tersangka, Sabtu (15/6/2019).

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana dan Komisioner KPU Sumsel Hepriadi terlihat menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polresta Palembang. Pemeriksaan itu dimulai dari pukul 10.00 WIB.

Para penyidik, menurut Yon, menanyakan seputar penyelenggaran pemilu yang dilakukan oleh KPU Palembang.

"Statusya diperiksa saksi, untuk dimintai keterangan untuk lima tersangka kemarin," kata Yon.

Baca: Ditetapkan Sebagai Tersangka, Ketua KPU Palembang Nyatakan Siap Ikuti Proses Hukum

Sementara itu, Kapolresta Palembang Kompol Didi Hayamansyah menambahkan, meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka, lima komisoner KPU Palembang itu tak dilakukan penahanan.

"Sekarang saksi masih diperiksa, untuk 5 yang sudah tersangka tidak ditahan. Jika terbukti, ancamannya 2 tahun penjara," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, lima komisioner di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga telah melakukan tindak pidana pemilu.

Penetapan status tersangka tersebut setelah sebelumnya penyidik Polresta Palembang menerima laporan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Palembang dengan tanda bukti lapor No.Pol: LPB/1105/V/2019/SUMSEL/RESTA, pada (22/5/2019).

Baca: Anggota DKPP RI Sebut, Selain Laporan KPU Kuansing Ada Satu Lagi Pengaduan yang Sedang Diproses

Lima tersangka komisioner KPU Palembang tersebut yakni berinisial EF (ketua KPU Palembang), Al (Komisioner KPU Kota Palembang), YT (Komisioner KPU Kota Palembang), AB (Komisioner KPU Kota Palembang) dan SA (Komisioner KPU Kota Palembang).

Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Yon Edi Winara mengatakan, penetapan status tersangka itu dilakukan pada (11/6/2019) lalu setelah dilakukan pemeriksaan.

"Iya sudah ditetapkan sebagai tersangka, pemeriksaan nanti akan dilanjutkan," kata Yon, Sabtu (15/6/2019).(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Komisioner KPU Palembang Ditetapkan Tersangka, KPU Sumsel Ikut Diperiksa Polisi

Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved