Pelalawan

Anggota DPRD Pelalawan Riau Periode 2014-2019 Dapat Dana Purna Bhakti, Besarannya Segini

Adapun besaran yang akan diterima tergantung masa pengabdian masing-masing wakil rakyat, dengan dasar perkaliannya adalah gaji pokok.

Anggota DPRD Pelalawan Riau Periode 2014-2019 Dapat Dana Purna Bhakti, Besarannya Segini
Tribun Pekanbaru/Johanes Wowor Tanjung
Hanya separuh anggota DPRD Pelalawan hadir dalam rapat paripurna 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Masa bhakti anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau periode 2014-2019 akan segera berakhir. Diperkirakan masa tugasnya tinggal dua bulan lagi hingga Agustus mendatang.

Sebanyak 35 anggota dewan periode ini sebagian besar akan kembali melanjutkan ke periode lima tahun kedepan yakni 2019-2026. Sedangkan sebagian lainnya akan kembali menjadi masyarakat biasa lantaran kalah dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) tanggal 17 April lalu.

"Setiap periode ada dana purna bhakti yang akan diserahkan kepada seluruh anggata dewan. Baik yang kembali terpilih, maupun yang tak terpilih lagi," beber Sekretaris DPRD Pelalawan Tengku Ridwan Mustafa, kepada tribunpelalawan.com, Minggu (16/6/2019).

Dan purna bhakti yang akan diserahkan telah dimasukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pelalawan tahun 2019.

Baca: Terbesar Enam Kali Gaji Pokok, Anggota DPRD Pelalawan Periode 2014-2019 Dapat Dana Purna Bakti

Adapun besaran yang akan diterima tergantung masa pengabdian masing-masing wakil rakyat, dengan dasar perkaliannya adalah gaji pokok.

Untuk anggota dewan yang mengabdi secara penuh selama lima tahun, akan diberikan dana purna bhakti sebesar enam kali gaji pokok.

Sedangkan pengabdian empat tahun disalurkan empat kali gaji pokok dan demikian terus hingga masa jabatan satu tahun hanya mendapat satu kali gaji saja.

"Kalau yang pengabdiannya penuh selama lima tahun ditambahi satu bonusnya, jadi enam kali gaji pokok. tapi kita akan pastikan kembali aturan yang mengaturnya, termasuk akhir masa jabatan tepatnya kapan," tandas mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) ini.

Untuk jadwal pelantikan anggota dewan yang baru periode 2019-2026 masih menunggu petunjuk dari instansi yang berwenang. Pihaknya hanya sebagai pelaksana saja jika waktunya telah tiba.

Baca: Hanya 17 Anggota Dewan Hadir, Paripurna Perdana DPRD Pelalawan Usai Pemilu

Disampin itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau belum bisa memastikan jadwal penetapan perolehan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pileg 2019 lalu.

Halaman
123
Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved