Arus Mudik dan Balik di Terminal BPRS Pekanbaru Kondusif

Ratusan pemudik sudah memadati Terminal Tipe A Bandar Raya Payung Sekaki, Kota Pekanbaru selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1440 Hijriah

Arus Mudik dan Balik di Terminal BPRS Pekanbaru Kondusif
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Suasana aktivitas di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki pada musim mudik lebaran 2019 lalu. Jumlah penumpang angkutan bus meningkat drastis dibanding tahun 2018 silam. 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Ratusan pemudik sudah memadati Terminal Tipe A Bandar Raya Payung Sekaki, Kota Pekanbaru selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1440 Hijriah.

Jumlah penumpang dalam musim Lebaran 2019 mencapai 95.899 orang.

Penumpang yang berangkat mendominasi di terminal bus tersebut. Penumpang yang berangkat dari terminal menuju sejumlah rute mencapai 80.227 orang.

Sedangkan penumpang yang datang hanya 15.622 orang. Ada kenaikan drastis jumlah penumpang pada musim Lebaran 2018.

Pada tahun lalu jumlah penumpang pada musim lebaran hanya berkisar 12.685 orang.

Jumlah kenaikan hampir delapan kali lipat dibanding tahun lalu.

Ada dugaan kenaikan ini karena masih mahalnya tiket pesawat. Kondisi ini membuat sejumlah penumpang memilih mudik menggunakan jalur darat.

"Penumpang meningkat drastis. Tapi kami pastikan situasi di terminal kondusif," jelas Kordinator Pelayanan Terminal Tipe A Bandar Raya Payung Sekaki, Henry Tambunan kepada Tribun, Minggu (16/6/2019).

Menurutnya, pemudik paling banyak yakni pada 3 Juni 2019. Saat itu jumlah penumpang dalam satu hari mencapai 8.697 orang.

Jumlah itu terdiri dari 7.892 pemudik yang berangkat, dan 805 pemudik yang datang.

Henry menyebut bahwa para pemudik yang berangkat menuju sejumlah rute. Ada rute Medan serta sejumlah daerah di Sumatera.

Ada juga pemudik yang menuju sejumlah daerah di Jawa. Henry memastikan mayoritas bus bisa mengangkut para pemudik dari terminal.

Jumlah bus yang berangkat mencapai 8.903 unit bus. Jumlah itu terdiri dari 5.337 bus yang berangkat dan 3.566 bus yang datang.(*)

Penulis: Fernando
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved