Kepulauan Meranti

Asrama Haji Di Pekanbaru Tak Sanggup Rampung CJH, Pemkab Meranti Siapkan Langkah Antisipasi

Kita sudah siapkan hotel untuk menampung JCH kita. Itu untuk antisipasi agar JCH kita tidak terbengkalai saat di Pekanbaru

Asrama Haji Di Pekanbaru Tak Sanggup Rampung CJH, Pemkab Meranti Siapkan Langkah Antisipasi
ist
Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir menyalami para JCH di Embarkasi Batam sebelum ke tanah suci, Minggu (5/8/2018). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Embarkasi Haji Antara Riau  tidak bisa menampung seluruh Jemaah Calon Haji (JCH) karena masih terbatasnya data tampung dari embarkasi tersebut.Asrama haji Riau saat ini tidak bisa menampung dua kloter jemaah dari daerah secara bersamaan.

Mendengar hal tersebut pihak Pemda Kepulauan Meranti ternyata sudah menyiapkan rencana antisipasi.

Sekretaris Daerah Kepualauan Meranti H. Yulian Norwis saat dikonfirmasi Minggu (16/6/2019) mengatakan bahwa sudah mewanti-wanti hal tersebut.

"Saya sudah mewanti-wanti hal tersebut, karena sebelumnya kita sudah survey dan lihat sendiri kondisi asrama haji melalui Embarkasi Antara Riau," ujar Sekda.

Baca: Pemprov Riau Siapkan Proses Lelang Tranportasi untuk Calon Jamaah Haji

Dirinya mengatakan walaupun asra haji tidak bisa menampung JCH dari Kepulauan Meranti, pihak Pemda juga sudah menyiapkan hotel untuk JCH dari Kepualauan Meranti.

"Kita sudah siapkan hotel untuk menampung JCH kita. Itu untuk antisipasi agar JCH kita tidak terbengkalai saat di Pekanbaru,"  ungkapnya.

Dirinya mengatakan hal ini dilakukan agar JCH tetap prima selama melaksanakan perjalanannya ke tanah suci. Mengingat bahwa nantinya JCH asal Meranti akan berangkat menggunakan kapal dan ditargetkan menginap di Pekanbaru.

"JCH kita itu perlu kondisi prima dan istirahat yang cukup, sehingga kita tetap berusaha agar JCH ini bisa tenang selama perjalanan, karena kalau di asrama haji menumpuk-numpuk nantinya akan berpengaruh terhadap CJH kita," ungkapnya.

Baca: Daftar Tahun Ini Berangkat 17 Tahun Lagi, 95 Ribu Calon Jamaah Haji di Riau Masuk Daftar Tunggu

Yulian menambahkan bahwa tidak bisa mengelak untuk melalui Embarkasi Antara Riau mengingat Menteri Agama telah mengeluarkan SK yang menetapkan Embarkasi Haji Antara yang bisa digunakan untuk memberangkatkan dan menerima kedatangan jamaah haji asal Riau.

"Sesuai dengan SK Menteri Agama tentang bahwa Provinsi Riau, Pekanbaru ditetapkan sebagai Embarkasi Antara. Jadi kita semua kabupaten kota harus stay di Pekanbaru," ujar Sekda.

Dikatakan Yulian bahwa 77 orang JCH yang akan berangkat dari Kepualauan Meranti. Saat ini 77 orang JCH tersebut tengah menjalani berbagai persiapan sebelum berangka. (tribunpekanbaru.com/ Teddy Tarigan)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved