Pilkada Riau 2020

KPU Bengkalis Sudah Usulkan Anggaran Pelaksanaan Pilkada 2020 Melalui Bappeda Bengkalis

Intruksi tersebut meminta kabupaten Kota yang melaksanakan Pilkada serentak pada tahun depan untuk berkordinasi dengan pemerintah setempat.

KPU Bengkalis Sudah Usulkan Anggaran Pelaksanaan Pilkada 2020 Melalui Bappeda Bengkalis
Istimewa
Lima Komisioner Baru KPU Bengkalis yang dilantik, Selasa (5/3/2019). 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Bengkalis sudah mulai mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Bupati dan wakil Bupati Bengkalis tahun 2020 mendatang. Hal ini diungkap Ketua KPU Bengkalis Fadhillah Al Mausuly kepada Tribunbengkalis.com, Minggu(16/6) siang.

Menurut Fadhillah pihaknya sudah mendapat instruksi dari KPU RI untuk mulai mempersiapkan pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang. Intruksi tersebut meminta kabupaten Kota yang melaksanakan Pilkada serentak pada tahun depan untuk berkordinasi dengan pemerintah setempat.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan daerah atau Bappeda Bengkalis beberapa waktu lalu, membahas persiapan Pilkada pemilihan Bupati tahun depan. Di mana koordinasi tersebut membahas rencana anggaran pelaksanaan Pilkada mendatang," ungkap pria akrab di sapa Fadhil ini.

Baca: KPU Riau Tidak Ajukan Anggaran Untuk Pilkada Serentak 9 Daerah 2020

Menurut dia, setelah koordinasi beberapa waktu lalu , pihak KPU Bengkalis sudah mengajukan perencanaan anggaran pelaksanaan Pilkada 2020 kepada Bupati Bengkalis melalui Bappeda Bengkalis. Usulan ini nantinya akan dimasukkan pada APBD Bengkalis 2020 mendatang.

Terkait jumlah anggaran yang diusulkan KPU Bengkalis untuk pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang sekitar 50 miliar rupiah. Jumlah anggaran ini terdiri dari anggaran rutin, anggaran tetap dan beberapa anggaran yang akan dipergunakan untuk trobosan trobosan baru menunjang proses Pilkada 2020.

"Trobosan baru yang kita lakukan diantaranya akan melakukan pendidikan politik, sosialisasi Pemilu, serta pembentukan relawan demokrasi pada Pilkada mendatang," ungkap Fadhil.

Menurut dia, trobosan kegiatan baru ini dilakukan mengingat partisipasi Pilkada di Bengkalis dari beberapa tahun belakangan ini masih disekitaran angka enam puluh persen.

Baca: Hadapi Pilkada Serentak Tahun 2020, PPP Riau Mulai Siapkan Strategi

"Kita ingin meningkatkan partisipasi Pemilih pada Pilkada tahun depan, jika merunut pada Pilkada Bupati sebelumnya dan Pilkada Gubernur sebelumnya tingkat partisipasi bisa dikatakan kurang dari 60 persen, dengan trobosan baru yang sudah disusun kami berupaya untuk meningkatkan partisipasi," terangnya.

Fadhil mengatakan, sejauh ini persiapan yang baru dilaksanakan mempersiapkan rancangan anggaran saja. Selanjutnya persiapan lain menunggu instruksi dari KPU RI.

"Tahapan awal pelaksanaan Pilkada Bupati dan wakil bupati akan dimulai pada bulan September 2019 ini. Namun kita masih menunggu instruksi dari KPU RI dalam menyiapkan tahapan awal ini," tandasnya.(Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved