Pilkada Riau 2020

KPU Inhu Sampaikan Proposal untuk Pilkada Inhu Tahun 2020 ke Pemkab Inhu

Pada tahun 2015 lalu saja Rp 17 Miliar, nah Pilkada tahun 2020 itu bisa lebih karena kita harus memenuhi sejumlah kebutuhan seperti pembelian kotak d

KPU Inhu Sampaikan Proposal untuk Pilkada Inhu Tahun 2020 ke Pemkab Inhu
Tribunpekanbaru.com/Bynton
Komisioner KPU Inhu, Dwi Apriansyah memberikan penjelasan saat rapat pleno terbuka penetapan DPTb tingkat Kabupaten Inhu, Selasa (19/3/2019). 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indragiri Hulu (Inhu) sudah mengajukan proposal anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Inhu tahun 2020 ke Pemerintah Kabupaten Inhu.

Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida yang dikonfirmasi Tribuninhu.com belum bisa menyebutkan berapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkada Inhu tahun 2020. Namun diperkirakan lebih dari angka Rp 17 Miliar.

"Pada tahun 2015 lalu saja Rp 17 Miliar, nah Pilkada tahun 2020 itu bisa lebih karena kita harus memenuhi sejumlah kebutuhan seperti pembelian kotak dan pembayaran honor," kata Yenni, Minggu (16/6/2019).

Baca: KPU Bengkalis Sudah Usulkan Anggaran Pelaksanaan Pilkada 2020 Melalui Bappeda Bengkalis

Yenni menjelaskan kemungkinan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Inhu akan dimulai awal tahun 2020. Sehingga perlu pengajuan anggaran semenjak awal.

Meski begitu untuk mulainya tahapan Pilkada Inhu, KPU Inhu masih menunggu instruksi dari KPU RI. "Berdasarkan Undang-undang nomor 10 tahun 2016 bulan September tahun 2020 itu dilakukan pencoblosan, namun tetap tahapan-tahapannya itu menunggu dari KPU RI," katanya.

Sementara itu, Yenni berkata bahwa pada Jumat (14/6/2019) lalu pihaknya melakukan pembukaan kotak. Tujuannya untuk mengumpulkn bukti berkenaan dengan perselisihan hasil pemilihan Caleg Provinsi yang digugat oleh Partai Hanura dan PAN.

Baca: KPU Riau Tidak Ajukan Anggaran Untuk Pilkada Serentak 9 Daerah 2020

"Untuk memenuhi barang bukti itu kita diperbolehkan membuka kotak dengan ketentuan mengundang pihak Kepolisian dan bahkan kita juga mengundang Parpol bersangkutan," kata Yenni. (Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved