Pilkada Riau 2020

Sekdakab Akui KPU Rohul Telah Ajukan Dana Sebesar Rp 27 Miliar untuk Pelaksanaan Pilkada Rohul 2020

Ia menambahakan, nantinya Anggaran Pilkada Rohul yang diperkirakan berlangsung di 2020, bakal dianggarkan Pemkab Rohul di APBD Murni 2020.

Sekdakab Akui KPU Rohul Telah Ajukan Dana Sebesar Rp 27 Miliar untuk Pelaksanaan Pilkada Rohul 2020
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Sekretaris Daerah Kabupaten Rohul, H. Abdul Haris 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), bersiap untuk mensukseskan gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Rohul, yang di jadwalkan diselenggarakan tahun 2020 mendatang.

Terkait anggaran yang akan digunakan dalam perhelatan Pilkada 2020, Sekretaris daerah (Sekda) Rohul, H. Abdul Haris mengaku, saat ini Pemkab Rohul tengah menyusun estimasi pembiayaan untuk pelaksanaan agenda Penting Demokrasi 5 tahunan di Negeri Seribu Suluk.

Ia menambahakan, nantinya Anggaran Pilkada Rohul yang diperkirakan berlangsung di 2020, bakal dianggarkan Pemkab Rohul di APBD Murni 2020.

Diakuinya, hingga saat ini, baru KPU Rohul yang sudah mengajukan usulan anggaran untuk Pilkada Rohul, dimana usulan diajukan mencapai Rp27 Miliar.

Baca: KPU Inhu Sampaikan Proposal untuk Pilkada Inhu Tahun 2020 ke Pemkab Inhu

"Saat ini kita masih menunggu usulan dana pengamanan dari Polres Rohul dan Bawaslu Rohul, nantinya jika sudah diusulkan maka baru kita tahu berapa estimasi anggaran untuk pelaksanaan Pilkada Rohul," katanya, Minggu (16/6/2019).

Abdul Haris menjelaskan, anggaran Pilkada Rohul bakal menjadi salah satu prioritas anggaran belanja prioritas dalam APBD Rohul Murni 2020.

Diterangkanya, saat ini pihaknya sedang berada di tahap penyusunan, sudah memasuki tahap Finalisasi Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

Baca: Asumsikan Lima Calon Bupati, KPU Pelalawan Riau Usulkan Anggaran Rp 30 M Untuk Pilkada 2020

"Saat ini kita tengah menyempurnakan kembali KUA PPAS 2020, insyaallah dalam 2 minggu kedepan selesai dan kita langsung ajukan KUA PPAS tersebut ke DPRD Pada tanggal 20-25 Juni," terangnya.

Sekda menerangkan, jika sudah selesai KUA PPAS 2020 akan segera pihaknya serahkan ke DPRD untuk dilakukan pembahasan dan selanjutnya di sahkan.

"Semoga tidak ada hambatan, dan semua pengajuan cepat kita terima, sehingga prosesnya juga akan cepat," pungkasnya.

Sementara, ‎Ketua KPU Rohul, Elfendri, mengaku, terkait tahapan dan pelaksanaan Pilkada 2020, saat ini pihaknya masih dalam tahapan penyusunan rancangan anggaran.

"Kita sudah dua kali berkoordinasi dengan pemda yang hampir 27 Milyar lah yang kita ajukan ke pemda, dan kita masih terus berkoordinasi," singkatnya.

Baca: KPU Bengkalis Sudah Usulkan Anggaran Pelaksanaan Pilkada 2020 Melalui Bappeda Bengkalis

Baca: KPU Riau Tidak Ajukan Anggaran Untuk Pilkada Serentak 9 Daerah 2020


Namun demikian, ia masih menunggu petunjuk terkait tahapan Pilkada 2020 yang akan disampaikan KPU RI, bagaimana tahapanya.

"Saat ini kami sudah masuk proses rancangan anggaran dan kita masih menunggu juknis dari KPU RI terkait Pilkada 2020," pungkasnya.(Tribunrohul.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved