Smartphone Murah akan Gunakan OS Pengganti Android Buatan Huawei

Sistem operasi pengganti Android yang telah disiapkan Huawei, Hongmeng OS, dikabarkan bakal meluncur sekitar bulan Agustus.

Smartphone Murah akan Gunakan OS Pengganti Android Buatan Huawei
Twistarticle
Huawei persiapkan OS Hongmeng untuk gantikan Android 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Sistem operasi pengganti Android yang telah disiapkan Huawei, Hongmeng OS, dikabarkan bakal meluncur sekitar bulan Agustus atau September.

Kabar terbaru dari situs berita asal China menyebutkan Hongmeng OS bakal dirilis bulan Oktober mendatang.

Berdasarkan laporan tersebut, Hongmeng merupakan sistem operasi yang disiapkan Huawei khusus untuk smartphone kelas menengah ke bawah atau kelas low-end.

Ini artinya, untuk tahap perilisan awal, smartphone high-end atau flagship besutan Huawei, seperti seri Mate atau P, kemungkinan masih menggunakan Android versi AOSP.

Perilisan Hongmeng OS untuk smartphone murah ini juga bakal diterapkan di kawasan China terlebih dahulu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari UberGizmo, Sabtu (15/6/2019).

Sebab, jika dirilis secara global, Hongmeng OS disebut masih belum mampu untuk menggantikan ekosistem Android, di mana penggunanya masih bergantung kepada layanan Google sebagai dasar dari sistem operasi Android.

Meski begitu, Huawei sendiri telah mendaftarkan merek dagang Hongmeng OS di beberapa negara, seperti China, Korea Selatan, Filipina, dan beberapa negara Asia lain.

Huawei juga mendaftarkan nama tersebut di sejumlah negara di benua Eropa dan Amerika, seperti Spanyol, Kanada, dan Meksiko.

Di luar China, Hongmeng OS kemungkinan bakal berubah nama menjadi Ark OS lantaran merek dagang tersebut juga sudah didaftarkan oleh Huawei. (*)

Penulis: ihsan
Editor: ihsan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved