Meski Tanpa Training Camp, Basket Riau Siap Tampil di Kejurnas Pra PON 3x3

Basket Riau tidak mengirimkan tim 5x5, dan hanya mengikuti nomor 3x3. Tim ini ditargetkan lolos ke PON tahun depan di Papua.

Meski Tanpa Training Camp, Basket Riau Siap Tampil di Kejurnas Pra PON 3x3
Net
Ilustrasi 

tribunpekanbaru.com - Manajemen tim basket Riau memastikan tidak menggelar Training Camp (TC) atau pemusatan latihan, jelang tampil pada Kejurnas Basket 3x3 yang menjadi kualifikasi PON. Kejurnas ini dilaksanakan di Jakarta 17-18 Agustus mendatang.

Ketua Harian Perbasi Riau, Hendry SE menegaskan, meski pihaknya tidak menggelar TC, namun para atlet tetap latihan setiap hari. "TC yang disiapkan KONI tetap tidak ada. Tapi kami tak patah arang, anak-anak latihan setiap hari di bawah asuhan pelatih mumpuni," kata Hendry kepada Tribun, Senin (17/6).

Waktu pelaksanaan Kejurnas Pra PON tersebut kurang lebih satu bulan lagi. Tentunya jajaran pelatih dan pemain tidak main-main dalam persiapan. Jadwal latihan para atlet dibuat sepadat mungkin.

"Sudah kita tetapkan, atlet latihan empat kali seminggu. Untuk tim putra latihan di Jakarta. Sementara tim putri menggelar latihan di Pekanbaru," terangnya.

Pada kualifikasi PON kali ini, basket mempertandingkan 4 kategori yakni kategori 5X5 putra-putri dan kategori 3x3 putra-putri. Perbasi Riau sendiri memastikan tidak bisa tampil full tim. Untuk kategori 5x5 putra-putri, basket Riau sudah memutuskan tidak memberangkatkan tim. Riau hanya fokus memberangkatkan tim 3x3. Ada 8 atlet putra-putri dengan dua ofisial yang disiapkan.

Jajaran pelatih sudah menyiapkan materi pemain ini sejak jauh hari. Saat ini, tim akan fokus pada Kejurnas ini agar bisa meraih tiket lolos ke PON di Papua tahun depan. Tentunya peluang di Kejurnas lebih berat bila dibandingkan Porwil. Namun Perbasi optimistis bisa mempersembahkan hasil terbaik.

Sebelumnya, manajer tim basket Riau, Asman, mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan yang cukup matang, namun masih butuh persiapan ekstra. Sebab peluang timnya di kategori 3x3 dinilai terbuka lebar untuk bisa lolos ke PON Papua tahun depan.

"Untuk tiket ke PON, cabor basket sampai peringkat 3. Tapi kita akan berusaha menjadi yang terbaik. Makanya kita lagi intensifkan hubungan dengan KONI, sehingga bisa berangkat dan meraih prestasi," tuturnya.

Asman menyebut, materi pemain 3x3 yang dimiliki Riau sekarang sangat mumpuni karena bermaterikan pemain tim nasional. Bahkan di bagian putra ada kemungkinan juara. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved