Serunya Permainan Rakyat di Milad Inhil ke-54, Ada Lomba Gasing Sampai Kupas Kelapa

Sejumlah permainan tradisional rakyat ditampilkan saat perayaan Milad ke-54 Kabupaten Inhil beberapa hari lalu di Tembilahan.

Serunya Permainan Rakyat di Milad Inhil ke-54, Ada Lomba Gasing Sampai Kupas Kelapa
tribun pekanbaru
Milad ke-54 Kabupaten Inhil beberapa hari lalu, melombakan beberapa permainan tradisional rakyat, di antaranya lomba mengupas kelapa. 

tribunpekanbaru.com - Berbagai permainan rakyat ditampilkan dalam peringatan Milad ke–54 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), yang dirayakan beberapa hari lalu di Tembilahan.

Beragam permainan rakyat tersebut dilombakan, antara lain tarik tambang, lomba gasing, dan lomba menyolak kelapa.

Masyarakat yang hadir tampak terhibur dengan suguhan kemeriahan melalui beragam perlombaan permainan rakyat tersebut.

Panitia penyelenggara, Yusnaldi, menjelaskan, selain diikuti oleh dinas dan instansi, permainan rakyat ini juga diikuti masyarakat dari Kecamatan Tempuling, Batang Tuaka, Gaung, Gaung Anak Serka (GAS), Kecamatan Tembilahan Hulu, dan Tembilahan Kota.

“Kita melaksanakan perlombaan tradisional ini pada 15–16 Juni. Untuk lomba gasing itu, dua hari baru selesai. Peserta terdiri dari masyarakat umum dan instansi pemerintah,” jelas Yusnaldi di sela lomba di lapangan kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Kabupaten Inhil, Jalan M Yamin, Tembilahan, akhir pekan lalu.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (Diperakim) Inhil, T Edi Efriza mengatakan, antusias masyarakat cukup tinggi, sehingga menambah semarak perlombaan dalam rangka Milad ke–54 Kabupaten Inhil.

“Tidak hanya untuk menyemarakkan Milad Kabupaten Inhil, lomba permainan rakyat ini juga untuk menjalin silaturrahmi sesama masyarakat. Mudah-mudahan lomba ini dapat memupuk tali silaturahmi antara masyarakat dan instansi pemerintah,” harap T Eddy selaku penyelenggara.

Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, RM Sudinoto, berharap penyelenggaraan peringatan Milad Inhil itu berjalan maksimal di tahun–tahun berikutnya, dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat langsung dalam kepanitiaan.

“Kalau bisa, ke depan panitia penyelenggara lomba dilaksanakan masyarakat sesuai kondisi dari segi finansial dan sosial masyarakat,” tutur Sudinoto yang juga koordinator Milad ke–54 Kabupaten Inhil. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved