Inhu

Dua Gajah Latih Sudah Berada di Kelayang, Siap Giring Gajah Liar ke Kawasan Tesso Nilo

Dua gajah latih sudah dipindahkan ke Kecamatan Kelayang, sekarang kita sedang melakukan penggiringan gajah liar di Peranap

Dua Gajah Latih Sudah Berada di Kelayang, Siap Giring Gajah Liar ke Kawasan Tesso Nilo
Istimewa
Gajah latih dan gajah liar di Kecamatan Peranap, Inhu saling membelakangi dan saling bersentuhan. Perilaku itu menunjukan gajah liar menunjukan rasa segan. 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Tim Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) sudah memindahkan dua gajah latih dari Kecamatan Peranap ke Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Pemidahan itu dilakukan untuk menggiring dua gajah liar di Kecamatan Kelayang.

"Dua gajah latih sudah dipindahkan ke Kecamatan Kelayang, sekarang kita sedang melakukan penggiringan gajah liar di Peranap," kata Andri Hansen Siregar, Kepala Bidang Wilayah I BKSDA, Rabu (19/6/2019).

Sementara itu empat gajah liar di Kecamatan Peranap, Inhu saat ini masih dalam perjalanan menuju ke kantong gajah di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN).

Baca: Warga di Rumbai Pekanbaru Provinsi Riau Masih Melihat Gajah Masuk Pemukiman

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, nasib Gajah Sumatera di Riau, diburu untuk diambil gadingnya, diusir karena masuk kebun kelapa sawit, ditangkap untuk dijinakkan, diracun hingga ditemukan mati, dihalau dan digiring ke hutan agar tak mengganggu manusia.

Kasus Gajah Sumatera di Riau diburu untuk diambil gadingnya terjadi beberapa kali dan berhasil diungkap pihak berwajib.

Sedangkan kasus Gajah Sumatera diusir karena masuk kebun kelapa sawit serta diracun hingga ditemukan mati terjadi di beberapa daerah di Riau, di antaranya di Duri, Mandau, Bengkalis dan di Rengat Indragiri Hulu.

Ditangkap untuk dijinakkan dilakukan Badan Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dalam rangka menyelamatkan populasi Gajah Sumatera tersebut.

Baca: WWF Sebut Konflik Gajah dan Manusia di Riau Tidak Bisa Ditiadakan, Ini Alasannya

Sementara dihalau dan digiring ke hutan agar tak mengganggu manusia juga dilakukan BBKSDA sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam penyelematkan satwa dilindungi ini.

Kali ini, Tim BBKSDA masih melanjutkan penggiringan gajah liar di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) hingga Selasa (18/6/2019).

Menurut Kepala Bidang Wilayah I, Andri Hansen Siregar empat ekor gajah liar tersebut tengah masuk ke PT BRS.

Halaman
1234
Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved