Pekanbaru

Sejumlah Drainase di Titik Rawan Banjir di Kota Pekanbaru Sudah Mulai Dibenahi dan Mulai Dikeruk

Ada sejumlah drainase yang jadi perhatian untuk pengerukan. Drainase tersebut yakni Jalan Arifin Achmad, Jalan HR Soebrantas dan Jalan Garuda Sakti

Sejumlah Drainase di Titik Rawan Banjir di Kota Pekanbaru Sudah Mulai Dibenahi dan Mulai Dikeruk
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Banjir menggenangi ruas Jalan HR Soebrantas, Selasa (18/6/2019) kemarin. Pemerintah Kota Pekanbaru sedang berupaya melakukan normalisasi sungai dan pengerukan drainase. 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Banjir sempat melanda sejumlah wilayah Kota Pekanbaru pada awal pekan ini. Ada dugaan sejumlah drainase tidak berfungsi dengan baik.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Noer MBS menyebut bahwa Walikota Pekanbaru sudah memerintahkan dinas terkait untuk membenahi sumbatan pada sejumlah drainase.

Ada sejumlah drainase yang jadi perhatian untuk pengerukan. Drainase tersebut yakni Jalan Arifin Achmad, Jalan HR Soebrantas dan Jalan Garuda Sakti.

 "Jadi drainase dan parit harus dikeruk dan dibersihkan, agar tidak meluap saat banjir," paparnya, Rabu (19/6/2019).

Baca: Banjir di Pekanbaru Telan Korban, Walikota Turut Berduka, Masjid di Jalan Datuk Tunggul Terendam Air

Noer juga mengajak masyarakat untuk ikut gotong-royong di lingkungannya. Sebab banjir tidak cuma karena drainase yang tersumbat.

"Masyarakat bisa berpartitipasi dengan tidak buang sampah sembarangan," jelasnya.

Apalagi sudah ada imbauan dari Walikota Pekanbaru untuk ikut mencegah terjadinya banjir. Ia juga menampik bahwa pemerintah kota tidak ada perencanaan untuk tangani banjir.

"Kami tidak diam saja. Kami terus lakukan upaya penanangan banjir," ulasnya.

Baca: Kisah Pasutri Terseret Banjir di Pekanbaru, Anton Sempat Genggam Tangan Istri Sebelum Akhirnya Lepas

Pemerintah kota sudah berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kampar untuk normalisasi Sungai Bintungan. Sungai ini berada di perbatasan kota.

"Kita juga kordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau. Intinya penanganan banjir tidak bisa sendirian, maka harus ada kerjasama semua pihak," ujarnya. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Penulis: Fernando
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved