Antisipasi Pungli Penerimaan Siswa Baru, Disdik Pekanbaru Buka Posko Pengaduan PPDB

Sejumlah kendala diprediksi bakal dihadapi oleh para calon peserta didik pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Pekanbaru.

Antisipasi Pungli Penerimaan Siswa Baru, Disdik Pekanbaru Buka Posko Pengaduan PPDB
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Para calon peserta didik tengah mengikuti tahapan pendaftaran siswa baru di SMKN 2 Pekanbaru pada hari pertama, Selasa (3/7/2018). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Sejumlah kendala diprediksi bakal dihadapi oleh para calon peserta didik pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Pekanbaru.

Selain persoalan sistem zonasi, mereka juga dihadapkan adanya aksi pungutan liar (pungli) oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru berencana membuka posko pengaduan. Mereka juga buka posko pengaduan di sekolah yang membuka PPDB tahun ini.

"Kami buka posko untuk antisipasi pungli dan kendala selama PPDB," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal kepada Tribun, Kamis (20/6/2019).

Menurutnya, pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SD dan SMP di Kota Pekanbaru berlangsung serentak mulai 1 Juli mendatang.

Pelaksanaan PPDB rencananya berlangsung hingga 4 Juli 2019.

Sedangkan pendaftaran berlangsung dua hari yakni pada 5 dan 6 Juli 2019.

Rencananya tahun pendidikan 2019/2020 dimulai pada 8 Juli 2019 mendatang.

"Jadi kami imbau agar para calon peserta didik mulai menyiapkan dokumen," ujarnya.

Para peserta didik memiliki kesempatan bersekolah dekat tempat tinggalnya. Apalagi penerimaan peserta didik baru sudah mengatur dengan sistem zonasi.

Halaman
12
Penulis: Fernando
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved