Siak

Siak Hijau Sesuai Komitmen NDPE, Program Unggulan Bupati Siak Alfedri Cegah Karhutla

Siak Hijau menjadi unggulan Program Bupati Siak Alfedri untuk melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan mitigasi.

Siak Hijau Sesuai Komitmen NDPE, Program Unggulan Bupati Siak Alfedri Cegah Karhutla
istimewa
Bupati Siak Alfedri 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri terus mengembangkan program Siak Hijau. Program ini menjadi unggulan Alfedri untuk melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan mitigasi.

"Konsep Siak Hijau ini juga sudah sesuai dengan komitmen NDPE (no deforestasi, no peat, dan no exploitation," kata Alfedri, Kamis (20/6/2019).

Kegiatan Siak Hijau juga dikhususkan pada 4 topik utama yakni, deforestasi, restorasi gambut, dukungan pada pekebun dan Hak Azazi Manusia (HAM).

Menurut Alfedri, dalam inisiatif Siak Hijau, komitmen swasta dan upaya kolaborasinya untuk 4 pilar tersebut akan diutamakan. Caranya dengan memasukannya ke dokumen pembangunan Siak Hijau dan proses pengambilan keputusan multipihak yang melibatkan pemerintah serta masyarakat sipil.

"Ini menarik bagi Uni Eropa. Perdagangan luar negeri juga mempersyaratkan itu. Tentu kita dorong semua zonasi yang telah kita susun untuk melengkapi syaratnya agar ikut menjaga lingkungan," kata dia.

Pihaknya juga telah membuat regulasi Siak Hijau berupa Perbup nomor 22 tahun 2018. Perangkatnya sebenarnya sudah dimulai sejak 2016 lalu pasca-Karhutla yang membuat event internasional Balap Sepeda Tour de Siak sempat tertunda.

"Kabupaten Siak Hijau itu merupakan suatu kebijakan atau peraturan yang menjadi pedoman bagi pemerintahan, swasta, CSO dan masyarakat untuk melakukan pengelolaan lingkungan yang sustainable. Program ini rangka berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan dan perubahan iklim," kata dia.

Menariknya, karena program ini Alfedri sempat didapuk menjadi pembicara di forum internasional mewakili negara-negara tropis di Asia Tenggara dalam Forum Hutan Tropis atau Tropical Forest Alliance (TFA) yang diselenggarakan di Bogota, Kolombia, 7 Mei 2019 lalu.

Pemberdayaan Masyarakat Adat

Siak Hijau berbasiskan wilayah administrasi. Pemkab Siak membuat zonasi seperti zonasi konservasi, suaka margasatwa, perkebunan dan industri.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved