Lebih Nikmat Dilumuri Saus, Hottang Cemilan Khas Korea di Pekanbaru

Hottang merupakan menu favorit di Banana Nuget Oma yang berlokasi di Jalan Cemara, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru.

Lebih Nikmat Dilumuri Saus, Hottang Cemilan Khas Korea di Pekanbaru
tribun pekanbaru
Cemilan hottang, menu favorit di di Banana Nuget Oma, Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Cemilan yang satu ini mengenyangkan. Hottang namanya, singkatan dari hotdog kentang.

Jajanan ini merupakan streetfood yang banyak ditemukan atau menjadi khas di Korea. Bahan-bahan pembuat makanan ringan ini membuat perut cepat kenyang.

Hottang merupakan menu favorit di Banana Nuget Oma yang berlokasi di Jalan Cemara, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru. Cabangnya berada di Jalan Manyar Sakti, Panam dan kawasan wisata Asia Farm, Tenayan Raya.

Terdiri dari dua varian menurut isiannya. Yakni, sosis dan mozarella. Isian tersebut dibalut adonan roti. Lapisan permukaannya ada kentang yang dipotong seruas jari orang dewasa.

Sebelum dimakan, Hottang lebih nikmat dilumuri saus dan mayonaise. Uniknya, Hottang bertangkai sumpit seperti kue paha ayam. Sehingga lebih mudah disantap.

"Enaknya dimakan ketika masih panas," ungkap Suci, pemilik usaha ini, Rabu (19/6/2019).
Khusus yang isian mozarella, dimakan panas-panas agar tarikannya (stretching) lebih panjang.
"Khusus isia mozarella enak dimakan saat panas. Sebab kalau sudah dingin, stretching mozarella menjadi berkurang," imbuhnya.

Suci mengatakan, mozarella digulung dengan adonan roti pada tangkai sumpit. Setelah itu, potongan kentang ditaburi di permukaannya. Lalu disimpang dalam freezer. Siap digoreng kapan saja.

Sedangkan untuk varian sosis, agaknya lebih mudah. Sebatang sosis panjang ditusuk dengan sumpit. Lalu dibalut adonan roti dan ditaburi potongan kentang di permukaannya.

"Pas ada yang pesan, tinggal goreng aja sampai cukup matang," jelas Suci. Adonan pembalut isian terlihat lebih padat. Namun saat digigit justru terasa lembut.

Rahasianya, terdapat pada cairan yang dicampurkan dengan tepung.

Suci menyebutkan, adonan sama sekali tidak dicampur dengan air. Murni Susu UHT. Sehingga teksturnya lembut.

Adonan roti harus lebih kenyal agar kuat membalut isian. Agar tidak menjadi keras setelah digoreng, maka adonan hanya menggunakan susu.

"Adonan full Susu UHT. Tanpa MSG (pengawet). Jadi aman buat anak-anak," ujar ibu muda 28 tahun ini. Wanita asal Pekanbaru ini mengatakan, Hottang banyak diminati kaula muda dan anak-anak.

Banana Nuget Oma berdiri sejak tahun 2018. Beralamat di Jalan Cemara, Pekanbaru dan cabang berada di Jalan Manyar Sakti, Panam dan kawasan wisata Asia Farm, Tenayan Raya. Menu spesial Banana Nuget, Banana Muncrat, Hotang, Coleng Kepik dan lain sebagainya. (*)

Penulis: Fernando Sihombing
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved