Dosen dan Mahasiswa Latih Siswa SDN 004 Pulau Terap Cara Menanam Hidroponik

) siswa dan guru-guru SDN 004 Pulau Terap mendapat pengenalan dan pelatihan hidroponik dari dosen dan mahasiswa FKIPBiologi Universitas Islam Riau

Dosen dan Mahasiswa Latih Siswa SDN 004 Pulau Terap Cara Menanam Hidroponik
Foto/Istimewa
HIDROPONIK - Dosen dan mahasiswa FKIP Biologi Universitas Islam Riau berfoto bersama usai acara pengenalan dan pelatihan hidroponik di SDN 004 Pulau Terap, Jumat (21/6/2019). Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh para guru dan siswa di SD tersebut.
TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Jumat (21/6) siswa dan guru-guru SDN 004 Pulau Terap mendapat pengenalan dan pelatihan hidroponik dari dosen dan mahasiswa FKIPBiologi Universitas Islam Riau (UIR). Kegiatan itu merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat.
Kegiatan itu diikuti oleh kurang lebih 30 siswa dan beberapa guru yang ada di SD tersebut.
Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu agar siswa dan guru memahami apa itu hidroponik dan dapat mengaplikasikannya di dalam kehidupan.
Mellisa S.Pd M.P selaku ketua dari program pengabdian masyarakat ini menjelaskan, kegiatan itu dilakukan agar masyarakat lebih tahu dan memahami bagaimana bertanam secara hidroponik. Karena beberapa masyarakat, siswa, dan guru masih ada yang belum tahu apa itu hidroponik.
“Nah, dengan adanya pelatihan hidroponik ini diharapkan masyarakat, siswa dan guru-guru bisa menanam scara hidroponik dan mendapatkan sayuran segar dan sehat tanpa pestisida,” katanya.
Sementara itu, Windi Reski Ameliya, salah satu mahasiswa Biologi FKIP UIR memaparkan bahwa hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air, tanpa menggunakan tanah.
Dimana, cara ini menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi pada tanaman, dengan menggunakan nutrisi AB mix. K
ebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit dari pada kebutuhan air pada budidaya menggunakan tanah.
Hj. Munarti, S.Pd selaku Kepala SDN 004 Pulau Terap berharap pelatihan hidroponik ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik tentang menanam tanpa tanah.
“Kalau peserta didik dapat mengaplikasikannya di sekolah, tentu harapannya mampu mengaplikasikan hidroponik di lingkungan keluarga. Kemudian di masyarakat sekitar tempat mereka tinggal,” harap Munarti.
Sambutan positif juga disampaikan oleh para guru. Para guru juga berharap siswanya dapat ilmu baru tentang hidroponik dan dapat diaplikasikan di lingkungan sekolah.
“Terima kasih kepada dosen dan mahasiswa Biologi FKIP UIR yang telah mentransfer ilmunya kepada siswa dan guru SDN 004 Pulau Terap. Semoga menjadi amal jariyah dan dinilai ibadah oleh allah SWT “ ucap Munarti.
Begitu pula siswa dan siswi SDN 004 Pulau Terap yang ikut sebagai peserta mengaku senang mendapat wawasan baru yang belum pernah dipelajari.
“Kami sangat senang dengan adanya pelatihan ini. Semoga ilmu yang kami dapatkan ini bisa kami terapkan di sekolah dan di luar sekolah” ucap seorang siswa.
Selain itu mereka mengaku bahwa kegiatan ini sangat bagus dan menginspirasi untuk menanam hidroponik di rumah ataupun disekolah dan mereka bisa tahu bagaimana mendapatkan tanaman sayur yang sehat tanpa pestisida. (rls/fl)
Editor: Firmauli Sihaloho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved