Pekanbaru

HUT Pekanbaru ke 235, Wakil Wali Kota Pekanbaru Bersama Forkompinda Ziarah ke Pemakaman Marhum Bukit

Marhum Pekan merupakan sultan kelima di Kerajaan Siak. Sosok Marhum Pekan sangat termasyur karena merupakan satu pendiri Kota Pekanbaru.

HUT Pekanbaru ke 235, Wakil Wali Kota Pekanbaru Bersama Forkompinda Ziarah ke Pemakaman Marhum Bukit
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi tampak menabur bunga di Komplek Pemakaman Marhum Pekan dalam areal Masjid Raya Pekanbaru, Minggu (23/6/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi bersama unsur forkompinda melakukan ziarah di Kompleks Pemakaman Marhum Bukit, Minggu (23/6/2019). Makam ini berada di Kompleks Masjid Raya Pekanbaru, Senapelan, Kota Pekanbaru.

Ziarah tersebut menjadi satu rangkaian Peringatan HUT Pekanbaru yang jatuh pada hari ini. Mereka datang ke pusara itu dan mendoakan para pendiri Pekanbaru.

Pekanbaru kini sudah berusia 235 tahun. Pekanbaru sudah berdiri pada 23 Juni 1784 silam.

Makam tersebut jadi tempat peristirahatan terakhir bagi Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau dikenal dengan sebutan Marhum Pekan.

Baca: Buka Rangkaian HUT Pekanbaru di Tampan, Wako Pekanbaru Ikut Jalan Santai dan Senam Bersama

Marhum Pekan merupakan sultan kelima di Kerajaan Siak. Sosok Marhum Pekan sangat termasyur karena merupakan satu pendiri Kota Pekanbaru.

Ia mendirikan sebuah sebuah pekan atau pasar baru. Pusat keramaian di tepian Sungai Siak ini menjadi cikal bakal berdirinya Kota Pekanbaru.

Jasad Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau Marhum Bukit juga bersemayam di sana. Ia dikenal juga dengan nama Tengku Alam. Ia merupakan sultan keempat di Kerajaan Siak.

Marhum Bukit merupakan ayahanda dari Marhum Pekan. Ia memindahkan Kerajaan Siak dari Mempura ke Bukit Senapelan.

Baca: Dinas PUPR Maksimalkan Overlay Jalan Jelang HUT Pekanbaru

Keseluruhan ada enam pusara di komplek pemakaman itu. Rombingan secara bergantian menaburkan bunga dan menyirami satu persatu pusara tersebut.

Mereka menaburkan bunga mulai dari pusara Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau Marhum Bukit. Sebab pusara ini posisinya paling depan dibanding pusara lainnya.

Ayat menyebut bahwa dirinya mengajak para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pekanbaru jelang menghadiri Rapat Paripurna Istimewa HUT Pekanbaru ke-235. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk

"Kita doakan para pendiri Pekanbaru, agar mereka semua di tempat terbaik oleh Allah," jelasnya usai menabur bunga di makam tersebut.

Baca: Wakil Walikota Pekanbaru dan Wakil Gubernur Riau Ziarah ke Makam Pendiri Kota Pekanbaru

Ia pun punya harapan besar di usia yang makin matang, Pekanbaru nantinya bisa menjadi pusat perdagangan.

Apalagi Pekanbaru bermula sebagai satu kota perdagangan di tepi Sungai Siak. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Penulis: Fernando
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved