KONI Usulkan Rp70 Miliar untuk Anggaran Kontingen Riau ke PON 2020 Papua

KONI Riau akan mengusulkan anggaran sebesar Rp70 miliar, untuk keperluan kontingen Riau mengikuti PON di Papua tahun depan.

KONI Usulkan Rp70 Miliar untuk Anggaran Kontingen Riau ke PON 2020 Papua
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - KONI Riau saat ini sedang menggodok anggaran yang dibutuhkan kontingen Riau untuk PON tahun 2020 di Papua. Hal ini sengaja dilakukan KONI Riau, agar tidak mengalami kondisi yang sama seperti anggaran yang diterima KONI tahun 2019 ini di APBD Riau.

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, Minggu (23/6) mengatakan, meski hingga pekan keempat Bulan Juni ini Pemprov Riau masih belum membahas APBD murni 2020, namun setidaknya untuk informasi awal, KONI Riau tidak ada salahnya untuk mengusulkan kebutuhan anggaran untuk PON 2020.

Lalu, berapa nilai yang akan diusulkan KONI Riau untuk pemberangkatan tim Riau ke Papua September 2020 nanti?

"Nilai anggarannya belum pasti. Karena tim kita masih dalam oret-oret. Tapi yang pasti jauh lebih besar dari yang diusulkan di tahun 2019," papar Emrizal kepada Tribun.

KONI Riau pada APBD murni Riau 2019 lalu mengusulkan anggaran Rp38 miliar ke Pemprov Riau. Namun yang direalisasikan hanya Rp20 miliar. Nilai ini dinilai jauh dari cukup bagi semua cabor yang dibina KONI Riau untuk tampil di Pra PON dan Porwil 2019.

Karena itu, pada APBD murni 2020, estimasi anggaran yang akan diusulkan KONI Riau berkisar di angka Rp50-70 miliar. Angka ini diusulkan untuk anggaran maksimal, jika atlet yang ditargetkan lolos ke PON Papua terwujud.

"Maksimal Rp70 miliar. Kita sengaja ajukan lebih besar agar tidak terjadi kekurangan seperti yang kita alami sekarang. Toh setelah diketahui hasil Porwil dan Pra PON dan ternyata dana berlebih, bisa dikembalikan ke kas daerah," terangnya.

KONI memang sangat serius mempersiapkan tim PON Riau, agar target mempertahankan prestasi seperti PON 2016 lalu bisa terwujud.

"Kalau dilihat dari kondisi sekarang, apalagi di Papua, kita bisa dipastikan tidak full tim mengirim atlet, meski nanti dinyatakan lolos kualifikasi. Itu tadi, selain anggaran, kita juga melihat peluang atlet. Apalagi untuk ke Papua membutuhkan biaya besar," kata Emrizal lagi.

Selain itu, menurut Emrizal, untuk persiapan Porwil dan Pra PON 2019 ini, karena kekurangan anggaran, maka KONI Riau sangat berharap semua perusahaan yang beroperasi di Riau ikut memberi kontribusi.

"Mudah-mudahan sinyal positif yang dikatakan Sekdaprov bahwa ada perusahaan yang akan bantu, terwujud. Kita juga segera jemput bola," katanya. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved