Studi Menyebutkan Indonesia Nomor 33 dalam Kejujuran Mengembalikan Dompet, Yang Paling Buncit?

Studi dilakukan di 355 kota yang mencakup 40 negara di seluruh dunia. Negara paling jujur adalah Switzerland dan di urutan paling akhir adalah China

Studi Menyebutkan Indonesia Nomor 33 dalam Kejujuran Mengembalikan Dompet, Yang Paling Buncit?
Kompas.com
Ilustrasi Dompet Jatuh 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Kejujuran merupakan akar kehidupan sosial dan pembangunan ekonomi suatu bangsa. Namun berdasar studi perilaku jujur yang terbit di Science Magazine, Kamis (20/6/2019), ahli menemukan posisi Indonesia berada di urutan 33 dari 40 negara.

Studi berjudul Kejujuran Masyarakat di Seluruh Dunia ini dilakukan di 355 kota yang mencakup 40 negara di seluruh dunia.

Dalam kebiasaan berperilaku jujur, Indonesia jauh ketinggalan dibanding Thailand yang menempati urutan 28 dan India di posisi 30. Sementara itu, negara paling jujur adalah Switzerland dan yang berada di urutan paling akhir adalah China.

Para ahli dari Universitas Michigan bekerja sama dengan Universitas Zurich dan Universitas Utah melakukan studi ini karena mereka menganggap kejujuran merupakan mata tombak dalam kehidupan ekonomi dan sosial.

Baca: Marquez Sebut Pesaingnya Bukan Rossi, MotoGP Belanda 2019 Sirkuit Assen Live Trans7 Minggu 30 Juni

"Tanpa kejujuran, akan banyak janji dilanggar, kontrak tidak dijalankan, pajak tidak dibayar, dan pemerintah menjadi korup," tulis ahli dalam laporan mereka.

Dampak dari semua hal itu adalah kerugian pada perekonomian negara, termasuk dari pajak ataupun korupsi pemerintah.

Hal ini tak hanya terjadi di Indonesia. Sebagai contoh, kerugian akibat penggelapan pajak di AS diperkirakan mencapai ratusan miliar dollar setiap tahun.

Kemudian korupsi dan aliran finansial ilegal di negara adikuasa itu diperkirakan mencapai 1,3 triliun dollar per tahun.

"Dalam makalah ini kami menguji bagaimana masyarakat berperilaku jujur. Kami ingin melihat bagaimana warga secara sadar dan tanpa paksaan menahan diri dari perilaku oportunistik dan bertindak sebaliknya," ujar penulis dalam laporannya.

Baca: LINK VIDEO STREAMING Big Match Sore Ini Persib vs Madura Bandung United, Minggu (23//2019)

Sebelumnya, literatur eksperimental tentang perilaku jujur diamati di lingkungan laboratorium, di mana responden paham bahwa perilaku mereka sedang diamati.

Halaman
123
Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved