Siak

Usung Tema Melayu Siak Tempo Dulu,Silat Sunting Duabelas dari Siak Pukau Pengunjung FPN 2019 di Bali

Kontingen Siak memamerkan gerakan silat Sunting Duabelas pada pawai budaya Festival Pusaka Nusantara (FPN) VII 2019 di Karangasem, Bali.

Usung Tema Melayu Siak Tempo Dulu,Silat Sunting Duabelas dari Siak Pukau Pengunjung FPN 2019 di Bali
istimewa
Peserta pawai Kontingen Kabupaten Siak memperagakan gerakan silat Sunting Duabelas pada pawai budaya Festival Pusaka Nusantara (FPN) VII 2019 di Karangasem, Bali, Sabtu (22/6/2019). 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Kontingen Siak tampil ciamik pada pawai budaya Festival Pusaka Nusantara (FPN) VII 2019 di Karangasem, Bali, Sabtu (22/6/2019). Kontingen ini memamerkan gerakan silat Sunting Duabelas.

Gerakan silat Sunting Duabelas yang dimainkan 2 pendekar itu membuat pengunjung FPN berdecak kagum.

Pasalnya, gerakan silat ini beda dari silat-silat lainnya. Selain kelincahan, gerakan yang indah dan cepat serta sangat tradisional itu membuat pengunjung terpukau.

"Ternyata nusantara ini benar-benar kaya, di mana-mana ada silatnya. Silat sunting duabelas ini sangat bagus. Saya suka," kata I Gede Purwana, seorang pengunjung FPN.

Pengunjung lain, Anak Agung Ayu Dirga Permana Ningrat mengaku kagum dengan pertunjukan silat tersebut.

"Saya kagum melihat silat tadi, meskipun sudah tidak di masa kerajaan, tapi seni tradisi dan budayanya masih tetap dilestarikan," ucap dara 23 tahun itu.

Pada pawai budaya itu, selain silat kontingen Siak juga dimeriahkan dengan adanya peragaan pakaian pengantin, tarian tradisional dan lainnya.

Tuan rumah Festival Budaya Nusantara VII Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, secara khusus mengapresiasi penampilan delegasi Kabupaten Siak dalam helat yang dirangkai Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) 2019 itu.

Ia bahkan mendaulat Bupati Siak Alfedri selaku Dewan Presidium JKPI untuk turut mendampingi Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM, Rully Indrawan melakukan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya secara resmi prosesi pawai budaya dan pameran FPN 2019.

I Gusti Ayumas juga menyatakan akan melakukan kunjungan balasan yang sama untuk menyemarakkan FPN VIII dan Rakernas JKPI 2020 di Siak Sri Indrapura. Ia juga penasaran melihat kondisi Siak terkini yang telah menjadi perbincangan nasional.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved