Ada Sidang Gugatan di MK, Penetapan Caleg Terpilih di Inhil Diundur

Pengumuman caleg terpilih untuk DPRD Kabupaten Inhil diundur dari jadwal semula, menunggu hasil sidang di MK terkait gugatan hasil pileg.

Ada Sidang Gugatan di MK, Penetapan Caleg Terpilih di Inhil Diundur
Tribun Pekanbaru/T Muhammad Fadhli
Penghitungan suara di sebuah TPS di Tembilahan saat pemilu Bulan April lalu. KPU Inhil mengundur pengumuman caleg terpilih untuk DPRD Inhil sampai sidang di MK selesai. 

tribunpekanbaru.com - Dengan adanya gugatan salah satu caleg ke Mahkamah Konstitusi (MK), maka dipastikan penetapan calon legislatif (caleg) terpilih untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Inhil, akan molor dari waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Ketua KPU Kabupaten Inhil, Herdian Azmi, memprediksi penetapan caleg terpilih baru bisa digelar KPU Inhil pada bulan Agustus mendatang.

“Nunggu putusan MK, kira–kira Agustus (penetapan),” ujar Herdian Azmi, Senin (24/6).

Dia menjelaskan, gugatan yang dilayangkan caleg dari PDIP dapil IV, Surya Lesmana, saat ini sudah masuk di MK.

Selanjutnya, sebelum diregister oleh MK pada 1 Juli untuk mendapatkan jadwal sidang, masih ada masa perbaikan berkas gugatan.

“Dengan molornya penetapan ini, tidak berpengaruh (pada hasil pileg), kecuali berdasarkan keputusan MK nantinya. Bisa jadi ditolak atau dikabulkan. Kalau diterima, mintanya pemilihan suara ulang,” kata Herdian.

Untuk pelaksanaan penetapan caleg DPRD Inhil terpilih nantinya, dijelaskan Herdian, hampir sama dengan sidang pleno rekapitulasi suara beberapa waktu lalu, hanya saja kali ini calegnya sudah ada. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved