Fakultas Kedokteran UR Sosialisasi Bank Sampah di Buluh Cina

Fakultas kedokteran Universitas Riau (UR) melalui program Kampung Pelita Medika, melakukan sosialisasi pengelolaan bank sampah di Desa Buluh Cina, Kec

Fakultas Kedokteran UR Sosialisasi Bank Sampah di Buluh Cina
Istimewa
Sosialisasi Bank Sampah oleh Fakultas Kedokteran Unri di Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu 2, pada tanggal 20 Juni 2019 kemarin. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Fakultas kedokteran Universitas Riau (UR) melalui program Kampung Pelita Medika, melakukan sosialisasi pengelolaan bank sampah di Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu 2, 20 Juni 2019 kemarin.

Ketua Pelaksana Kegiatan, dr Huriatul Masdar, M.Sc, Senin (24/6/2019) mengatakan, program ini selain bertujuan menjaga kebersihan lingkungan, mengurangi dampak kesehatan, juga sebagai upaya mendatangkan penghasilan baru bagi masyarakat melalui pengelolaan bank sampah.

"Jadi melalui program ini dari sisi kesehatan lingkungan dan kesehatan terjaga, dan dari sisi ekonomi juga memberikan penghasilan bagi masyarakat," ungkap Huriatul.

Buluh Cina kata Dia, merupakan satu di antara desa binaan Fakultas Kedokteran Universitas Riau.

Program Kampung Pelita Medika dalam bentuk pengelolaan bank sampah diakui masih dalam tahap sosialisasi dan akan berlanjut sampai tahap realisasi program.

"Kemarin kami baru melakukan pemebentukan struktur bank sampah di Buluh Cina dan sosialisasi kepada aparat setempat tentang cara memilah sampah dan pelatihan pengurus bank sampah. Sosialisasi kepada aparat untuk meyakinkan pentingnya bank sampah dan bagaimana teknis pengelolaan secara umum," sebutnya.

Selanjutnya ungkap Huriatul, tim Fakultas Kedokteran UR merencanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan khusus kepada pengurus bank sampah Buluh Cina. Setelah itu sosialisasi kembali kepada masyarakat desa, bertahap di tiap-tiap dusun.

"Kita belum nyebar kuisioner kemarin. Rencana untuk sosialisasi dan pelatihan selanjutnya kita pakai kuisioner untuk menilai pemahaman masyarakat dan pengurus tentang bank sampah," jelasnya. (dri)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved