Kumpulkan Bahan dan Jawaban, KPU Inhil Bersiap Hadapi Gugatan Pileg di MK

KPU Inhil kini bersiap menghadapi gugatan pemilihan legislatif yang akan segera bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK).

Kumpulkan Bahan dan Jawaban, KPU Inhil Bersiap Hadapi Gugatan Pileg di MK
Tribun Pekanbaru/T Muhammad Fadhli
Penghitungan suara di sebuah TPS di Tembilahan saat pemilu Bulan April lalu. KPU Inhil kini bersiap menghadapi sidang gugatan hasil pemilu legislatif di Mahkamah Konstitusi. 

tribunpekanbaru.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tengah bersiap menghadapi gugatan Pemilihan Legislatif (Pileg) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Ketua KPU Inhil, Herdian Azmi, saat ini pihaknya menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menghadapi persidangan tersebut.

“Saat ini kita bersiap menghadapi sidang ini, menyiapkan bahan–bahannya dan menyiapkan jawaban. Kita diwakili KPU pusat, cuma kalau diminta hadir, kita siap hadir,” ujar Herdian Azmi, Senin (24/6).

Gugatan yang dilayangkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Inhil ini, dikatakan Herdian Azmi, baru akan disidangkan setelah MK menyelesaikan sidang sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres).

“Masih jalan tapi jadwal persidangannya belum ada. Registrasi tanggal 1 juli, baru nanti dijadwalkan kapan sidangnya. Daftar kan sudah, setelah registrasi, baru MK bisa menjadwalkan persidangan,” jelas pria yang biasa disapa Edi ini.

Untuk diketahui, calon legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil dari PDIP atas nama Surya Lesmana, mengajukan gugatan atas dugaan pengelumbungan suara di daerah pemilihan (dapil) 4 Kecamatan Teluk Belengkong.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) juga telah menindaklanjuti laporan dugaan penggelembungan suara ini.

Tim dari Bawaslu Inhil, saat ini telah turun langsung ke daerah tersebut untuk menghimpun data–data dan bukti kecurangan yang dilaporkan oleh Surya Lesmana. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved