Berencana Menyeberang ke Malaysia, 35 Warga Bangladesh Tertangkap di Dumai

35 warga negara Bangladesh tersebut dibawa dari Pekanbaru ke Dumai, dan selanjutnya akan menyeberang ke Malaysia.

Berencana Menyeberang ke Malaysia, 35 Warga Bangladesh Tertangkap di Dumai
tribunpekanbaru/Fernando
Sembilan imgran gelap asal Afghanistan tengah diperiksa di Polres Dumai beberapa waktu lalu. Terbaru, imigran asal Bangladesh juga ditangkap. 

tribunpekanbaru.com - Sebanyak 35 orang warga negara Bangladesh diamankan oleh Polres Dumai pada Sabtu (22/6) lalu. Seluruh warga asing itu diamankan di Jalan Soekarno Hatta Lintas Dumai-Duri, saat menumpangi empat unit kendaraan minibus.

Paur Humas Polres Dumai, Iptu Dedi Nofarizal mengatakan, petugas datang ke lokasi pada malam hari sekitar pukul 23.00 WIB.

"Saat itu kepolisian tengah menggelar razia dan melakukan pemeriksaan terhadap empat minibus tersebut," ungkap Dedi.

Seluruh warga negara asing tersebut diketahui berangkat dari Kota Pekanbaru dengan tujuan menyeberang ke Malaysia. Ke-35 orang warga Bangladesh tersebut diketahui diangkut oleh empat orang warga Kota Pekanbaru, masing-masing bernama Adi Irwandi (41), Fedy Marga Syawal (40), Are Safriyus (31), dan Musril (57).

Keempat orang tersebut disangkakan telah melanggar UU No 6/2011 Tentang Keimigrasian pasal 120 ayat 1 dan ayat 2.

Kepala Kantor Imigrasi Dumai, Gelora Dumai mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan proses pemulangan 35 orang warga Bangladesh tersebut.

Dari hasil pemeriksaan petugas Imigrasi, diketahui seluruh warga Bangladesh tersebut tidak melakukan pelanggaran keimgrasian karena dokumen perjalanannya lengkap.

"Pemeriksaan saat ini masih berjalan dan tak ditemukan unsur pelanggaran Imigrasi. Rencananya mereka semua akan kita pulangkan kembali ke negara asal," kata Gelora pada Rabu (26/6).

Disebutkan, seusai pemeriksaan, seluruh imigran dewasa dibawa ke Rumah Detensi Imigran (Rudenim) di Kota Pekanbaru untuk proses lebih lanjut, termasuk rencana pemulangan seluruh imigran.

"Rencana pemulangannya akan dilakukan dari Kantor Wilayah Imigrasi di Pekanbaru," ujarnya. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved