Berita Riau

Riau Jadi SASARAN EMPUK Bandar Narkoba Luar Negeri, Polda Riau Awasi Jalur Masuk Darat dan Laut

Riau jadi sasaran empuk bandar Narkoba Luar Negeri sebagai pasar potensial, Polda Riau awasi jalur masuk darat dan laut karena banyak pelabuhan

Riau Jadi SASARAN EMPUK Bandar Narkoba Luar Negeri, Polda Riau Awasi Jalur Masuk Darat dan Laut
Tribun Pekanbaru/Kolase/Nolpitos Hendri
Riau Jadi SASARAN EMPUK Bandar Narkoba Luar Negeri, Polda Riau Awasi Jalur Masuk Darat dan Laut 

Riau Jadi SASARAN EMPUK Bandar Narkoba Luar Negeri, Polda Riau Awasi Jalur Masuk di Pelabuhan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Riau jadi sasaran empuk bandar Narkoba Luar Negeri sebagai pasar potensial, Polda Riau awasi jalur masuk darat dan laut karena banyak pelabuhan.

Provinsi Riau saat ini masih rawan akan penyelundupan, peredaran serta penyalahgunaan narkoba, hal itu terlihat dari jumlah kasus yang berhasil diungkap BNNP dan kepolisian.

Para bandar besar, menjadikan Bumi Lancang Kuning sebagai salah satu "sasaran empuk" untuk memasukkan barang haram ini ke Indonesia untuk selanjutnya dibawa dan diedarkan di beberapa daerah lainnya.

Baca: KISAH Mantan PECANDU Narkoba di Riau Berjuang untuk Sembuh hingga Masuk Daftar Cadangan Haji 2019

Baca: MIRIS! Siswa SD di Pekanbaru sudah Hisap Sabu-Sabu, Pengedar Narkoba Tawarkan Rp 1000 Sekali Coba

Baca: Tiga JALAN TOL Lewati KAMPAR Riau, Pekanbaru-Sumbar, Pekanbaru-Rengat, Pekanbaru-Dumai, 2021 Bisa

Baca: FEATURE Sensasi Bersantai di MAKAM TUA Raja-raja Siak di Riau, Ini Pengakuan Pengunjung, Seram?

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau Brigjen Untung Subagyo, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan AKBP Haldun mengatakan, secara umum, bandar baik dari luar negeri maupun dalam negeri, menggunakan pola penyelundupan yang selalu berubah.

"Pertama mereka memanfaatkan kondisi wilayah kita yang begitu luas, terutama di pesisir atau perairan. Kalau kita misalnya gencar memantau di Rohil, nanti mereka akan lari ke Meranti, Bengkalis, atau Tembilahan," ujar dia, Rabu (26/6/2019).

Disebutkan Haldun, tentu saja tak semua daerah bisa dipantau secara bersamaan. Lantaran keterbatasan sarana dan prasarana, serta personel.

Contohnya, untuk alat transportasi air, BNNP belum memilikinya. Jika melakukan pengejaran dengan speedboat Polairud atau Bea Cukai, maka akan terpantau oleh mereka.

"Kalau kita kejar pakai speedboat punya nelayan, takut tidak mampu. Karena alat para bandar ini juga cukup canggih," tuturnya.

Mereka pun disebutkan Haldun, pintar memilih waktu. Biasanya para bandar akan bersepakat untuk bertransaksi di tengah laut.

Riau Jadi SASARAN EMPUK Bandar Narkoba Luar Negeri, Polda Riau Awasi Jalur Masuk Darat dan Laut
Riau Jadi SASARAN EMPUK Bandar Narkoba Luar Negeri, Polda Riau Awasi Jalur Masuk Darat dan Laut (Tribun Pekanbaru/Kolase/Nolpitos Hendri)
Halaman
1234
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved