Bengkalis

Cari Info Zonasi, Datangi Sekolah Terdekat, Penerimaan Peserta Didik Baru SMP di Bengkalis 1-4 Juli

PPDB tingkat SMP di Bengkalis akan dimulai pada 1 Juli hingga 4 Juli 2019, dengan sistem zonasi sekolah

Cari Info Zonasi, Datangi Sekolah Terdekat, Penerimaan Peserta Didik Baru SMP di Bengkalis 1-4 Juli
Tribunjogja
PPDB ONLINE 

BENGKALIS, TRIBUN-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Bengkalis akan dimulai pada 1 Juli hingga 4 Juli 2019.

Penerimaan siswa baru tingkat SMP ini akan menggunakan sistem zonasi sekolah.

Namun orangtua calon peserta didik baru tidak perlu bingung untuk mengetahui anaknya masuk zonasi sekolah mana.

Orangtua calon peserta didik baru tinggal mendatangi sekolah terdekat dari tempat tinggal mereka untuk mengetahui zonasi SMP yang bisa didaftarkan.

Nantinya akan diketahui siswa tersebut masuk zonasi mana dan sekolah yang bisa didaftarkan.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Bengkalis, Randi Fernanda, Jumat (28/6/2019) menjelaskan, sistem yang digunakan merupakan zonasi sekolah. Sekolah akan menerima siswa yang berasal dari SD terdekat dengan SMP tersebut.

Selain penerimaan dengan menggunakan zonasi, penerimaan tahun ini juga menggunakan jalur prestasi, serta jalur perpindahan tugas wali murid.

Untuk jalur zonasi kuotanya sebanyak 80 persen dari seluruh kuota penerimaan masing masing SMP.

Sementara jalur prestasi dimana siswa berprestasi bisa memilih sekolah diinginkan sebanyak 15 persen, sedangkan jalur perpindahan tugas wali murid sebanyak 5 persen.

"Kita yang utamakan sekolah menerima siswa jalur zonasi terlebih dahulu sebesar 80 persen. Habis itu baru siswa berprestasi," jelasnya.

Randi menuturkan, orangtua calon peserta didik tidak perlu khawatir jika kuota siswa di SMP zonasi mereka penuh. Pasalnya, siswa yang tidak bisa tertampung oleh sekolah yang merupakan zonasinya akan dialihkan ke korwil masing masing kecamatan.

"Korwil kecamatan yang akan membantu calon peserta didik ini untuk masuk ke sekolah zonasi lain yang terdekat dari zonasinya. Jika tidak tertampung juga baru akan diarahkan ke sekolah swasta," tambah Randi.

Dinas Pendidikan Bengkalis memastikan, penerimaan siswa baru ini tidak ada pemungutan biaya sepeserpun. Ini sesuai Permendikbud penerimaan siswa didik tidak perbolehkan memungut biaya.

"Termasuk biaya pembuatan seragam dan buku buku sekolah tidak dibenarkan melakukan pemungutan biaya sepeserpun," tegasnya.

Sistem pendaftaran juga masih secara luring langsung datang ke sekolah sesuai zonasi masing masing calon peserta didik. Untuk saat ini belum memberlakukan penerimaan siswa secara online. (Tribunpekanbaru/m natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved