Pileg 2019

Tahapan Sidang MK Dimulai, Pekanbaru Belum Bisa Tetapkan Caleg Terpilih Langsung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru Belum bisa menetapkan Caleg terpilihnya pada awal Juli.

Tahapan Sidang MK Dimulai, Pekanbaru Belum Bisa Tetapkan Caleg Terpilih Langsung
Internet
Ilustrasi 

Tahapan Sidang MK Dimulai, Pekanbaru Belum Bisa Tetapkan Caleg Terpilih Langsung

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru Belum bisa menetapkan Caleg terpilihnya pada awal Juli.

Hal itu dikarenakan adanya gugatan terkait perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dilakukan partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sebagaimana dalam jadwal di Mahkamah Konstitusi (MK) akan dimulai pada 1 dan 2 Juli dengan agenda penyampaian salinan permohonan pemohon pemberitahuan sidang pertama kepada pihak pemohon, termohon dan Bawaslu serta pihak terkait.

"Untuk Pekanbaru ada 1 gugatan dari caleg hanura di dalil 2,"ujar Ketua KPU Kota Pekanbaru Anton Marciyanto kepada Tribun Minggu (30/6/2019).

Baca: Bacaan Doa Sehari-hari, Mulai Doa Sebelum Makan, Tidur hingga Turun Hujan

Sehingga Pekanbaru tidak bisa menetapkan langsung karena harus melalui sidang akibat adanya gugatan tersebut. Sedangkan bagi daerah yang tidak ada gugatan di MK maka bisa segera tetapkan Caleg terpilih.

"Untuk peetapan caleg terpilih, kita nunggu info dari MK," jelas Anton Marciyanto.

Sementara untuk persiapan menghadapi gugatan di MK sendiri, pihak KPU Kota Pekanbaru sudah menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan, ini sesuai yang diminta pada berkas gugatan peserta pemilu.

"Kami sudah menyiapkan jawaban atas gugatan itu, dan tentunya apa materi gugatan sudah kami kaji dan siapkan semuanya, karena yang mewakili itu nantinya KPU RI," jelas Anton Marciyanto.

Baca: Bentrok Dua Kelompok Pemuda,1 Orang Dinyatakan Tewas dengan Luka di Bagian Perut

Sebenarnya tidak hanya kota Pekanbaru yang harus menunggu proses di MK terlebih dahulu, ada beberapa Kabupaten dan Kota di Riau yang hasilnya digugat di MK.

Diantaranya Bengkalis, Siak, Kuansing, Dumai dan Indragiri Hilir.

Sedangkan enam Kabupaten lainnya sudah bisa menetapkan Caleg terpilihnya dengan mengumumkan secara resmi di website resmi KPU dan papan pengumuman dikantornya. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved