Harga Jual TBS Sawit Riau Turun

Periode 3-9 Juli 2019, harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit Riau, mengalami penurunan pada setiap kelompok umur.

Harga Jual TBS Sawit Riau Turun
www.bpdp.or.id
Bibit kelapa sawit 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Periode 3-9 Juli 2019, harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit Riau, mengalami penurunan pada setiap kelompok umur.

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau (DTPHBun) Riau menetapkan, banderol perkilo TBS sawit Riau saat ini menjadi Rp 1.357,66 untuk penjualan langsung tanpa melalui pengepul.

Kasi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan DTPHBun Riau, Tengku Neni Mega Ayu, Selasa (2/7/2019) mengatakan, penurunan terjadi di semua kelompok umur, terbesar di umur 10-20 tahun.

"Perkilonya turun Rp 44,64 atau mencapai 3,18 persen dari harga pekan lalu, sehingga harga TBS periode saat ini menjadi Rp 1.357,66/Kg," ungkap Neni.

Penurunan harga TBS ini dipengaruhi oleh turunnya harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan sumber data.

Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan sebesar Rp 101,78/Kg, Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 106,00/Kg, Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 101,84/Kg, dan PT. Citra Riau Sarana mengalami penurunan sebesar Rp 154,60/Kg dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk harga jual kernel, Sinar Mas Group mengalami penurunan sebesar Rp 270,92/Kg, Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 94,00/Kg, dan PT. Citra Riau Sarana mengalami penurunan sebesar Rp 68,18/Kg dari harga minggu lalu.

Faktor lain yang mempengaruhi penurunan harga TBS periode ini karena banjirnya pasokan yang membuat harga minyak sawit mentah melemah sementara permintaan CPO juga stagnan, dengan kecenderungan turun.

"Selain itu perkembangan terkini perang dagang AS-China juga membawa dampak kurang baik terhadap CPO dimana China lebih memprioritaskan pembelian kedelai dari AS," sebut Neni.

"Terlebih China merupakan pembeli kedelai paling banyak dan dapat mempengaruhi keseimbangan fundamental (pasokan-permintaan) secara signifikan," tambahnya. (dri)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved