Rokan Hulu

Suhu di Mekah Capai 50 Derajat, Kepala Kemenag Ingatkan JCH Rohul Jaga Fisik

Jemaah Calon Haji (JCH) Rohul diingatkan untuk menjaga kesehatan dan fisik. Apalagi saat ini di tanah suci cuaca cukup ekstrem.

Suhu di Mekah Capai 50 Derajat, Kepala Kemenag Ingatkan JCH Rohul Jaga Fisik
istimewa
Sekda Rohul H Abdul Haris buka manasik haji tingkat Kabupaten Rohul di Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian, Selasa (2/7/2019) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN- Kepala Kemenag Rohul, H Syahruddin mengingatkan Jemaah Calon Haji (JCH) untuk benar-benar menjaga kesehatan dan fisik. Apalagi saat ini di tanah suci cuaca cukup ekstrem.

"Saat ini suhu di sana sudah mencapai 50 derajat jadi perlu ada edukasi masyarakat terkait dengan masalah kesehatan," sebut Syahruddin saat menghadiri kegiatan manasik haji tingkat kabupaten di Masjid Agung Islamic Center, Selasa (2/7/2019).

Dijelaskannya, sebanyak 449 JCH asal Rohul telah mengikuti manasik tingkat kecamatan dan saat ini mereka tengah mengikuti manasik tingkat kabupaten.

Hari pertama manasik haji tingkat kabupaten ini, para JCH akan diberikan materi masalah kesehatan jamaah haji.

“Kesehatan dan fisik para JCH harus benar-benar diperhatikan, karena di sana (Mekah) saat ini cuacanya yang dihadapi cukup ekstrem, sehingga fisik harus benar-benar sehat,” paparnya.

Jika fisik kurang fit dikhawatirkan akan menjadi kendala dalam melaksanakan ibadah haji ke tanah suci. Ia berharap seluruh JCH harus benar-benar menjaga kesehatan hingga ke tanah suci.

"Kita juga mengingatkan kepada pihak keluarga JCH untuk ikut menjaga kesehatan para JCH, jangan sampai jatuh sakit, tentunya bisa menggangu proses ibadah haji," sebutnya.

Pada acara yang dibuka Sekda Rohul H Abdul Haris itu, juga terlihat Kasi Haji Kemenag Rohul Martillevi Saleh, Kabag Kesra Umzakirman, dan para KUA se-Rohul.

Syahrudin menambahkan, selain materi kesehatan, tentunya akan diberikan materi lainya seputar ibadah haji, baik dari teknis maupun nonteknis.

Syahrudin mengimbau kepada JCH Rohul, untuk bersungguh-sungguh mengikuti manasik haji, karena dengan bersungguh-sungguh diharapkan proses ibadah haji bisa berjalan dengan lancar.

Sementara, Sekda Abdul Haris mengucapkan selamat kepada JCH yang tahun ini mendapatkan panggilan ke tanah suci.

Diungkapkannya, JCH yang mendapat panggilan ke tanah suci pada tahun ini haruslah bersyukur, karena masih diberikan kesehatan dan umur panjang.

"Jadi saya mengimbau kepada seluruh JCH untuk mengikuti seluruh proses manasik haji tingkat kabupaten, karena ini sangat penting untuk ibadah haji ditanah suci," ujar Abdul Haris. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved