Berita Riau

Rektor Lepas Civitas Akademika Universitas Islam Riau ke Tanah Suci

Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr H Syafrinaldi, SH MCL melepas 10 orang Civitas Akademika UIR menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci

Rektor Lepas Civitas Akademika Universitas Islam Riau ke Tanah Suci
istimewa
Rektor UIR menyerahkan bingkisan kepada Calon Jemaah Haji dari Civitas Akademika Universitas Islam Riau, Rabu (3/7/2019) 

Rektor Lepas Civitas Akademika Universitas Islam Riau ke Tanah Suci

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -  Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr H Syafrinaldi, SH MCL melepas 10 orang Civitas Akademika UIR menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah al Mukarromah dan Madinah al Munawwarah.

Pelepasan berlangsung di Masjid Al Munawwarah, Rabu pagi (3/8). Turut hadir Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Dr Nurman, Wakil-wakil Rektor, Dekan dan Dosen.

Ke-10 Jemaah calon haji yang dilepas adalah Dr Nurman (Ketum YLPI/Dosen Fisipol), Dr Sudirman Somari (Dosen FKIP), Suyadi, SE MSi (Dosen Fakultas Ekonomi), Burhanuddin, SE, MSi (Dosen Fakultas Ekonomi), Lestari (Pegawai TU FKIP), masing-masing berangkat beserta isteri dan suami.

Kepada jemaah calon haji, Rektor berpesan agar menjaga kesehatan sebaik mungkin.

Sebab, pelaksanaan ibadah haji membutuhkan fisik yang prima. Mulai dari shalat lima waktu di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sampai prosesi wukuf di Arafah dan melontar jumrah di Mina.

''Semua tahapan-tahapan itu hanya dapat dikerjakan dengan sempurna apabila jemaah sehat,'' kata Rektor.

Rektor UIR berfoto bersama dengan Calon Jemaah Haji dari Civitas Akademika Universitas Islam Riau, Rabu (3/7/2019)
Rektor UIR berfoto bersama dengan Calon Jemaah Haji dari Civitas Akademika Universitas Islam Riau, Rabu (3/7/2019) (istimewa)

Menurut Syafrinaldi, haji merupakan panggilan kepada seseorang. Siapa yang dipanggil, itu rahasia Allah SWT.

Hukum melaksanakan ibadah haji adalah wajib bagi mereka yang mampu. Tapi tidak semua orang yang memiliki kemampuan mendapat panggilan. Tak sedikit mereka yang mampu namun tak juga dipanggil-panggil. Sebaliknya, banyak orang yang hidupnya sederhana atau pas-pasan disegerakan Allah ke Tanah Suci.

''Inilah rahasia Allah yang kita tak tahu,'' tegas Rektor Syafrinaldi. Karena itu, kita syukuri.

Civitas akademika UIR, lanjut Rektor, hanya bisa memberi doa semoga jemaah calon haji diberi kelapangan dalam beribadah dan kesehatan yang baik.

Berangkat dan sampai kembali ke pangkuan keluarga dengan selamat. ''Semoga meraih haji dan hajjah yang mabrur dan mabruroh,'' tandas Rektor.

Di kesempatan yang sama Rektor juga berpesan supaya jemaah calon haji mendoakan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau, Universitas Islam Riau dan unit-unit di bawahnya agar terus berkembang dan makin dicintai umat.

"Apa-apa yang sedang kita programkan dan dilaksanakan oleh UIR hendaknya diberi kelancaran oleh Allah SWT. UIR, tambah Rektor, sedang berjibaku dengan peningkatan kualitas, antara lain meraih akreditasi termasuk akreditasi international untuk 15 program studi. ''Kiranya bapak dan ibu doakan agar semua yang kita usahakan ini berhasil,'' ujar Syafrinaldi.

Pelepasan jemaan calon haji ini disertai dengan tausiah haji oleh Dr H Maghfiroh, MA, Dosen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Qasyim II Pekanbaru. Serta pemberian sagu hati dari Rektor kepada masing-masing jemaah yang berangkat. (*)

Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved