Tak Mau Api ke Mana-mana, Personel Gabungan Cepat Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Tempuling

Kebakaran lahan terjadi pada lahan gambut di Kecamatan Tempuling, Inhil. Api membakar lahan seluas lebih kurang 1,5 hektare.

Tak Mau Api ke Mana-mana, Personel Gabungan Cepat Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Tempuling
tribun pekanbaru
Personel Koramil Tempuling bersama warga memadamkan kebakaran lahan gambut di RT 20/RW 06, Parit Minang, Kelurahan Sungai Salak, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa (2/7) lalu. 

tribunpekanbaru.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di lahan gambut di RT 20/RW 06, Parit Minang, Kelurahan Sungai Salak, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa (2/7) lalu.

Beruntung, masyarakat bersama personel Kodim 0314/Inhil, Koramil 03/Tempuling, Polsek Tempuling, dan unsur lainnya, bersama-sama berjibaku memadamkan api yang membakar semak dan menimbulkan asap tebal membumbung ke angkasa.

Menurut Danramil 03/Tempuling, Kapten (Arh) Sugiyono, meskipun api yang membakar sekitar 1,5 hektare lahan tersebut tidak terlalu besar, namun akan sangat membahayakan jika tidak segera dicegah atau dipadamkan.

“Kalau dibiarkan, kebakaran ini bisa merambat ke mana–mana. Karena yang terbakar lahan gambut, api yang terlihat sepertinya sudah padam, namun di bawahnya masih membara. Yang hanya terlihat hanya api yang membakar pohon–pohon dan semak saja,” terang Danramil.

Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran di lahan tersebut. Namun pemadaman dan pendinginan lahan untuk meyakinkan api sudah benar–benar padam, dilakukan hingga pukul 17.30 WIB.

“Titik apinya sudah dapat dipadamkan, tinggal asap bekas Kebakaran. Kalau untuk penyebab pastinya belum kita ketahu. Setelah pemadaman, sekarang kita fokus ke pendinginan,” terang Sugiyono. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved