Siak

20 Tim dari Negeri Jiran dan Dalam Negeri Bakal Ramaikan Festival Gasing Internasional II Siak

Pemkab Siak bakal menggelar Festival Gasing Internasional II tahun 2019. Rencananya kegiatan dibuka pada 12 Juli 2019 di Taman Tengku Syarifah Aminah

20 Tim dari Negeri Jiran dan Dalam Negeri  Bakal Ramaikan Festival Gasing Internasional II Siak
TribunPekanbaru/Dody Vladimir
Permainan rakyat gasing.Pemkab Siak kembali menggelar Festival Gasing Internasional II tahun 2019. Rencananya kegiatan dibuka pada 12 Juli 2019 di Taman Tengku Syarifah Aminah. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK- Pemkab Siak kembali menggelar Festival Gasing Internasional II tahun 2019. Rencananya kegiatan dibuka pada 12 Juli 2019 di Taman Tengku Syarifah Aminah Kampung Dalam, Siak Sri Indrapura.

Sebanyak 20 tim dalam dan luar negeri akan mengikuti permainan tradisional warga Melayu tersebut.

Festival itu akan memperlombakan dua kategori. Pertama perlombaan Gasing Jantung dengan berat maksimal 600 gram, kedua kategori Gasing Berembang dengan berat maksimal 800 gram.

"Untuk menggesa persiapan kita sudah menggelar beberapa pertemuan. Seperti dengan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Fauzi Asni, Ketua FORMI Kabupaten Siak Arifin, Sekjen Pegas Effendi, Kasubag Ops Polres Siak Iptu Ahmad Dhani dan pimpinan OPD terkait lainnya," kata Asisten II Setdakab Siak Hendrisan, Kamis (4/7/2019).

Hendrisan menyebut, festival gasing ini merupakan satu diantara event andalan Siak.

"Kita sudah berkali-kali melaksanakan kegiatan besar. Festival Gasing ini juga merupakan rangkaian kegiatan yang harus kita sukseskan penyelenggaraannya. Dengan dukungan lintas OPD dan forkompinda serta masyarakat, Insya Allah hajat kita berjalan lancar," sebutnya.

Untuk peningkatan mutu dan kualitas pelaksanaan, Hendrisan meminta OPD terkait melakukan evaluasi terhadap kegiatan sebelumnya.

Kadispar Siak Fauzi Asni menyebut 20 tim yang akan bertanding, di antaranya dari negara jiran Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Sementara dari dalam negeri akan diikuti tim utusan dari Kabupaten Sambas, Kutai, Tanjung Balai Karimun, serta Kota Batam dan Tanjung Pinang.

"Tak ketinggalan juga tim dari Riau di antaranya Inhu, Inhil, Bengkalis, Pekanbaru dan Pelalawan, serta dari tuan rumah Siak sendiri ada tim dari Kecamatan Siak, Pusako, Koto Gasib dan Lubuk Dalam," kata Fauzi.

Menurut dia, saat ini prosedur administrasi sudah dilayangkan ke pihak terkait. Untuk izin pelaksanaan juga sudah dikomunikasikan dengan Polres Siak.

"Demikian juga terkait persiapan lapangan pertandingan sedang dipersiapkan," jelasnya. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved