Karhutla

Api Hanguskan 4 Hektare Lahan di Tanjung Putus Kabupaten Pelalawan Riau

Karhutla di Tanjung Putus Desa Kuala Terusan Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan belum sepenuhnya teratasi hingga api padam total, Kamis (4/7/2019)

Api Hanguskan 4 Hektare Lahan di Tanjung Putus Kabupaten Pelalawan Riau
istimewa
Upaya pemadaman di Tanjung Putus Desa Kuala Terusan Kecamatan Pangkalan Kerinci,Kabupaten Pelalawan, Kamis (4/7/2019) 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI-Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Tanjung Putus Desa Kuala Terusan Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan belum sepenuhnya teratasi hingga api padam total, Kamis (4/7/2019).

Personel tim gabungan masih melakukan upaya pemadaman dan pendinginan di lokasi karhutla.

Sebagian besar kawasan yang dilalap tinggal menyisakan asap dan dilakukan penyiraman mengantisipasi api muncul lagi. Beberapa titik api kecil yang sempat merembet di areal semak belukar dan kebun kelapa sawit milik masyarakat.

Tim yang diterjunkan berasal dari BPBD, Satpol PP dan Damkar, TNI, Polri, Redam Disbunak, Regdam FERT PT RAPP, Manggala Agni, dan masyarakat setempat.

Personel gabungan dibagi menjadi tiga grup dengan titik-titik yang berbeda. Lahan yang sudah dilalap api sejak api terdeteksi pada Selasa (2/7/2019) malam lalu hingga hari ini mencapai empat hektare.

"Siang ini kita bagi jadi tiga grup dengan peralatan masing-masing. Tugasnya pendingan, pemadaman, dan melokalisir api yang masih ada agar tak menyebar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio.

Dijelaskannya, kondisi medan masih bisa dijangkau petugas pemadam hinga ke titik api. Selain itu ketersediaan air di kanal-kanal terdekat cukup untuk melakukan penyemprotan menggunakan selang.

Pihaknya khawatir menjelang sore angin semakin kencang menyebabkan api semakin berkobar dan kebakaran meluas.

Hadi Penandio menuturkan, pihaknya telah meminta bantuan kepada BPBD Provinsi Riau untuk mengirimkan helikopter water bombing, upaya pemadaman dari udara membantu pemadaman dari darat.

Ia telah mengirimkan titik koordinat karhutla dan posisi pengambilan air ke tim operasi pemadaman udara. (Tribunpekanbaru.com/johannes tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved