Pekanbaru

Hari Ini Verifikasi, Besok Hasil PPDB SD dan SMP di Pekanbaru Bakal diumumkan

Calon peserta didik yang jarak domisilinya dekat dengan sekolah punya peluang besar untuk diterima belajar di sekolah itu.

Hari Ini Verifikasi, Besok Hasil PPDB SD dan SMP di Pekanbaru Bakal diumumkan
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Calon siswa beserta wali murid sedang melakukan pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA melalui sistem zonasi di SMA Negeri 8, Pekanbaru, Senin (1/7/2019). (Tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir). 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 tingkat SDN dan SMPN sudah berakhir, Rabu (3/7/2019) siang kemarin. Saat ini memasuki tahapan verifikasi di setiap sekolah.

Mereka juga melakukan pemeriksaan akhir terhadap hasil PPDB 2018 di Pekanbaru. Hasil verifikasi di setiap sekolah bakal diumumkan, Jum'at (5/7/2019) besok.

Ada rencananya pengumuman dilakukan pada pukul 08.00 WIB. "Untuk pendaftaran sudah tutup Rabu kemarin. Hari ini persiapan sekolah untuk pengumuman besok," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (4/7/2019).

Menurutnya, radius tempat tinggal dengan sekolah jadi satu pertimbangan pada PPDB jalur zonasi.

Calon peserta didik yang jarak domisilinya dekat dengan sekolah punya peluang besar untuk diterima belajar di sekolah itu.

Baca: 3 Hari PPDB yang Daftar Cuma 30 Orang, Dampak Zonasi di SDN 88 Pekanbaru Calon Siswa Turun Drastis

Baca: FOTO: PPDB 2019, Calon Murid Mendaftar Sekolah di SMA 1 Pekanbaru

Baca: VIDEO Hari Pertama PPDB Siswa SMA Negri 8 Pekanbaru, Antri Sejak Pagi

Baca: LENGKAP Zonasi SMA Negeri di Pekanbaru Riau PPDB 2019, GUBRI: Kepsek Lakukan Pungli Langsung DIPECAT

Lain halnya dengan calon peserta didik yang jarak domisilinya jauh dari sekolah. Mereka punya peluang kecil untuk bisa sekolah di sana.

Jamal menyebut bahwa sejak awal pihaknya sudah mengingatkan para orangtua calon peserta didik. Mereka diimbau untuk mendaftar di sekolah yang dekat dengan tempat tinggalnya.

PPDB 2019 menerapkan tiga jalur. Ada jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur pindah orangtua.

Kuoat tiga jalur penerimaan ini berbeda. Jalur zonasi sebanyak 80 persen dari daya tampung, jalur prestasi 15 persen dari daya tampung dan jalur pindah orang sebanyak 5 persen dari daya tampung. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Penulis: Fernando
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved