Kuansing

Langgar Aturan Denda Rp 10 Juta, Mancing di Sungai Larangan Hanya Boleh Pakai Pancing dan Tangguk

Sungai Batang Sikijang di Desa Sikijang, Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD) Kuansing, jadi sungai larangan sejak tahun 2017 lalu.

Langgar Aturan Denda Rp 10 Juta, Mancing di Sungai Larangan Hanya Boleh Pakai Pancing dan Tangguk
istimewa
Ketua DPRD Kuansing Andi Putra menangguk ikan di Sungai Batang Sikijang, Desa Sikijang, Kecamatan LTD beberapa waktu lalu. 

TELUK KUANTAN - Bila berkunjung saat ini ke Sungai Batang Sikijang yang ada di Desa Sikijang, Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD) Kuansing, maka akan kita temui musim panen ikan.

Namun tidak sembarang memanen ikan di sungai tersebut sebab terikat aturan yang ketat.
Sungai Batang Sikijang tersebut merupakan sungai larangan untuk desa Sikijang.

Aliran sungai di luar denda Sikijang atau desa lain, tidak lagi menjadi sungai larangan.

Masuk kategori sungai larangan, karena warga Desa Sikijang tidak bisa semena-mena terhadap sungai tersebut. Ada aturan yang melindungi sungai tersebut.

"Sudah kita putuskan sungai Batang Sikijang ini menjadi sungai larangan," kata Kades Sikijang Hajri Nandar, Kamis (4/7/2019).

Menjadikan sungai tersebut menjadi sungai larangan masik dalam program desa. Selain itu, pemangku adat dan pemangku agama setuju akan hal tersebut sehingga jadilah sungai tersebut jadi sungai larangan.

Penetapan menjadi sungai larangan tersebut sudah berlangsung sejak 2017 lalu dan akan terus berlaku.

Alasan mendasar menjadi sungai larangan yakni agar sungai tersebut terjaga yakni sungai tersebut merupakan sumber air warga desa.

"Selain itu, aktivitas warga banyak mengandalkan sungai itu. Mandi, mencuci dan lainnya. Cari ikan juga," ujar Hajri Nanda.

Pihaknya pun akan terus berupaya melestarikan sungai tersebut. Upaya pelestarian dibarengi dengan aturan yang berisi denda bagi yang melanggar. Aturan di sungai larangan tersebut terkait dengan penangkapan ikan.

Halaman
12
Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved