Turki Sebut AS Merampok karena Tak Serahkan Pesawat F-35 Pesanan yang Sudah Lunas

Perdana Menteri Turki marah besar karena AS menolak menyerahkan pesawat tempur F-35 yang sudah dibayar lunas.

Turki Sebut AS Merampok karena Tak Serahkan Pesawat F-35 Pesanan yang Sudah Lunas
Lockheed Martin/Jerusalem Post
Pesawat F-35 bersiap mendarat beberapa waktu lalu. Turki marah karena AS menolak menyerahkan pesawat F-35 pesanannya walaupun sudah dibayar lunas. 

tribunpekanbaru.com - Penolakan Amerika Serikat (AS) untuk menyerahkan jet tempur F-35 kepada Turki, dinilai Ankara sebagai sebuah perampokan. Ini karena pihak Turki sudah membayar lunas pesawat tersebut.

Presiden Turki, Tayyip Erdogan, menyampaikan tuduhan tersebut terkait sengketa pembelian pertahanan udara buatan Rusia oleh Turki, yang dijadikan alasan oleh AS untuk tidak menyerahkan pesawat F-35 pesanan Turki meski sudah dibayar lunas.

Beberapa pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa pemerintah Trump masih berencana memberlakukan sanksi terhadap Turki, serta menendang Turki dari program F-35 apabila sekutu AS di NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) itu tetap menggunakan sistem pertahanan udara rudal S-400 buatan Rusia.

"Apabila Anda memiliki pelanggan dan pelanggan itu melakukan pembayaran tepat waktu, bagaimana bisa Anda tidak memberi barang itu kepada pelanggan? Itu namanya perampokan," kata Erdogan saat berbicara kepada awak media saat berada di China, seperti dikutip Hurriyet, Kamis (4/7).

Erdogan mengatakan, Turki sejauh ini telah membayar 1,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp19,7 triliun untuk pembelian pesawat-pesawat F-35, dan baru empat pesawat yang telah diserahkan. Sejumlah pilot Turki juga akan bertolak ke AS guna mengikuti pelatihan.

"Kami telah membuat perjanjian untuk membeli 116 unit F-35. Kami bukan hanya pasar, tapi kami juga produsen gabungan. Kami memproduksi beberapa suku cadang pesawat itu di Turki," tambahnya.

Persoalan ini muncul ketika Turki memilih membeli sistem rudal pertahanan udara canggih S-400 buatan Rusia, dan menolak tawara rudal Patriot dari AS. Akibatnya, AS menahan pengiriman jet tempur F-35 meski Turki sudah membayar lunas pesawat tersebut. (rin/ant)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved