VIDEO: Ketua KPU Rohul Sebut Jadwal Penetapan Kursi dan 45 Anggota DPRD Rohul Masih Menunggu Ini

Elfendri menambahkan, MK akan menetapkan registrasi untuk PHPU Legislatif ditetapkan 1 Juli 2019

TRIBUNPEKANBARU.COM- Jadwal penetapan perolehan kursi, serta 45 calon anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terpilih periode 2019-2024, belum bisa dipastikan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

‎Ketua KPU Kabupaten Rokan Hulu Elfendri ST., Eng, mengungkapkan,  pihaknya memang belum menetapkan jadwal penetapan perolehan kursi dan calon terpilih, karena merujuk Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2019 tentang tahapan-tahapan.

Diakuinya, pada PKPU Nomor 10 Tahun 2019, penetapan perolehan kursi dan calon terpilih bisaa dilakukan bagi daerah yang tidak termasuk dalam perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU)‎ Legislatif, paling lambat setelah registrasi PHPU di Mahkamah Konstitusi (MK).

Elfendri menambahkan, MK akan menetapkan registrasi untuk PHPU Legislatif ditetapkan 1 Juli 2019, dan sebagai bukti‎ penetapan registrasi MK akan mengeluarkan yang namanya surat pemberitahuan registrasi permohonan bagi daerah yang termasuk dalam termohon, ataupun tidak termasuk dalam termohon.

Baca: Tiap Tahun 120 PNS Pensiun, BKPP Rohul Ajukan 250 Formasi CPNS dan PPPK 2019

Baca: Mulai dari Masyarakat, RT, RW, Kades Hingga Pejabat Hadiri Open House di Rumah Dinas Bupati Rohul

Baca: Beruang Madu SERANG Pasangan Suami Istri di KEBUN KARET di Rohul Riau, BBKSDA Pasang Perangkap

"Nah, surat ‎yang dikeluarkan oleh Panitera MK itu nanti yang akan menjadi salah satu dasar‎ bagi kabupaten/ kota yang tidak termasuk dalam permohonan PHPU Legislatif untuk melakukan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih, sesuai dengan PKPU 10 tadi," terangnya, Rabu (3/7/2019). 

Meski telah ada PKPU Nomor 10 Tahun 2019, diakuinya, sampai saat ini KPU Rohul,  masih menunggu surat pemberitahuan registrasi yang dileluarkan Panitera MK.

"Nah, apabila surat dimaksud sudah keluar maka kita akan melakukan penyesuaian sesuai isi surat‎, kalaupun besok keluar, tentunya akan segera kita laksanaka," imbuhnya.

Elfendri memaparkan,  jika  surat memerintahkan tetap merujuk PKPU 10 Tahun 2019, paling lama tiga hari setelah tanggal 1 Juli 2019, maka KPU Rohul,  akan menetapkan hari itu juga bagaimana pun kondisinya, baik pagi, siang maupun malam.‎

‎"Jadi saat ini kita baru melakukan persiapan-persiapan, dan undangan belum disebarkan. Dan setelah surat diterima kita akan menyesuaikan," pungkas

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: didik ahmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved