PPDB SMP

Ada SMP Hanya 12 Calon Murid yang Mendaftar, Pengumuman PPDB Tingkat SMP di Bengkalis 8 Juli

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Bengkalis dengan sistem zonasi berjalan lancar hingga hari terakhir.

Ada SMP Hanya 12 Calon Murid yang Mendaftar, Pengumuman PPDB Tingkat SMP di Bengkalis 8 Juli
TRIBUNPEKANBARU/M NATSIR
Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Bengkalis, Randi Fernanda. 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Bengkalis dengan sistem zonasi berjalan lancar hingga hari terakhir.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Bengkalis, Randi Fernanda, Jumat (5/7/2019) mengatakan, pihaknya menemukan ada sekolah SMP yang masa penerimaan hanya sedikit pendaftar.

"Kalau tidak salah laporan yang saya terima, ada satu sekolah hanya 12 peserta didik yang mendaftar," ungkap Randi.

Menurut Randi, sekolah yang hanya 12 peserta didik pendaftarnya informasinya di Kecamatan Bukit Batu. Pihaknya belum mastikan secara pasti sekolah SMPN berapa.

Penyebab sedikitnya pendaftar disekolah tersebut, menurut Randi dimungkinkan karena keberadaan peserta didik tidak banyak yang tinggal di sana. Kemungkinan peserta didik lebih banyak di zonasi yang lain.

Sedikitnya peserta didik yang mendaftar di sekolah tersebut, penerimaan harus tetap berjalan. Karena memang penerimaan peserta didik mengacu kepada keputusan menteri yang telah dibuat terkait sistem zonasi ini.

Randi mengatakan, untuk saat ini setelah masa penerimaan selama empat hari kemarin, SMPN sedang melakukan verifikasi berkas calon peserta didik. Hasil verifikasi nantinya akan diumumkan pada tanggal 8 Juli ini.

"Untuk proses verifikasi, pihak sekolah harus memastikan domisili calon peserta didik sesuai dengan zonasi sekolah yang didaftarkannya. Kemudian juga dilihat nilai hasil SHUN peserta didik tersebut.

"Selain itu juga ada prioritas atau diutamakan siswa yang tidak mampu diterima oleh SMPN sesuai zonasi. Dengan ketentuan saat mendaftarkan diri melampirkan surat keterangan tidak mampu," tambah Randi.

Sementara itu, jika nantinya hasil verifikasi jumlah pendaftar melebihi kuota sekolah, maka pihak sekolah akan berkoordinasi dengan masing masing Korwil yang ada di kecamatan untuk memilihkan SMPN lain yang terdekat dengan zonasinya. (Tribunpekanbaru.com/johannes tanjung)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved