Karhutla

Dua Hari Berjibaku Padamkan Api, BPBD Pelalawan Riau Tarik Personel dari Tanjung Putus

Karhutla di Tanjung Putus Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau dipastikan telah padam,

Dua Hari Berjibaku Padamkan Api, BPBD Pelalawan Riau Tarik Personel dari Tanjung Putus
istimewa
Upaya pemadaman yang dilakukan personil tim gabungan di lokasi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) di Tanjung Putus Desa Kuala Terusan Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kamis (4/7/2019) 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Tanjung Putus Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau dipastikan telah padam, Jumat (5/7/2019), setelah dua hari personel gabungan berjibaku dengan api.

Tim gabungan dari BPBD, Satpol PP dan Damkar, TNI, Polri, Redam Disbunak, Regdam FERT PT RAPP, Manggala Agni, dan masyarakat setempat telah ditarik dari lokasi Karhutla. Api yang sempat melalap semak belukar dan kebun kelapa sawit warga berhasil dijinakan dan menyisakan tunggul kayu bekas terbakar.

"Sejak semakin sore personel sudah ditarik dari lokasi. Api sudah padam dan asap juga tinggal sedikit lagi," tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, Jumat (5/7/2019).

Meski telah padam, lanjut Hadi Penandio, satu tim disiagakan untuk melakukan pemantauan dan patroli ke areal bekas terbakar, sembari membawa peralatan. Untuk mengecek tunggul-tunggul kayu yang masih memiliki bara dan berasap.

Jika ditemukan api kecil bisa langsung ditangani oleh tim yang berpatroli.

Pihaknya tetap waspada akan munculnya api di Tanjung Putus mengingat cuaca kemarau kering dan angin yang berhembus cukup kencang. Personel gabungan sewaktu-waktu siap diterjunkan apabila api berkobar kembali.

"Total luasan areal yang terbakar menurut perhitungan kita mencapai 4 hektare, lahan gambut itu. Kita agak tenang karena disekitaran itu masih banyak air dan kanal-kanal tidak kering," ucap Hadi. (Tribunpekanbaru.com/johannes tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved