Pelalawan

Sempat Karam Saat Ditambat, Akhirnya Speedboat BUMDes Serapung Pelalawan Riau Diperbaiki Kontraktor

kontraktor dari PT Marinatama Gemanusa bertanggungjawab dalam memperbaiki kebocoran yang terjadi diduga akibat menabrak tunggul kayu.

Sempat Karam Saat Ditambat, Akhirnya Speedboat BUMDes Serapung Pelalawan Riau Diperbaiki Kontraktor
Istimewa
Kapal milik BUMDes Desa Serapung Kecamatan Kuala Kampar Pelalawan Riau yang sempat karam saat ditambat beberapa waktu lalu. (Ist) 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Speedboat milik BUMDes Desa Serapung Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan Riau yang karam saat ditambat dua pekan lalu akhirnya diperbaiki agar bisa dioperasikan kembali.

Kapal cepat yang tenggelam itu ditarik dan diangkat ke daratan untuk melihat kondisinya. Seluruh mesin dibongkar dan kebocoran pada lambung yang mengakibatkan karamnya speedboat itu sudah diatasi.

Dinas Perhubungan (Dishub) Pelalawan yang menghibahkan kapal tersebut mengklaim jika kondisi speedboat. Dalam keadaan baik saat ini.

"Kita sudah turun bersama kontraktor dan pemerintah desa ke lokasi. Kapalnya ditarik dan diperbaiki kerusakannya," terang Kasi Lalu Lintas Peraian Dishub Pelalawan, Penel Arisman, kepada tribunpelalawan.com, Jumat (5/7/2019).

Baca: Separuh Badan Kapal Terendam, Speedboat Milik BUMDes Serapung Tenggelam Saat Ditambat

Baca: Harga Speedboat Tenggelam di Serapung Mencengangkan, Dishub Pelalawan Riau akan Panggil Kades

Diterangkannya, kontraktor dari PT Marinatama Gemanusa bertanggungjawab dalam memperbaiki kebocoran yang terjadi diduga akibat menabrak tunggul kayu.

Proses perbaikan kapal milik BUMDes Desa Serapung Kecamatan Kuala Kampar Pelalawan Riau yang sempat karam saat ditambat beberapa waktu lalu. (Ist)
Proses perbaikan kapal milik BUMDes Desa Serapung Kecamatan Kuala Kampar Pelalawan Riau yang sempat karam saat ditambat beberapa waktu lalu. (Ist) (Istimewa)

Lubang yang ada disisi kiri kapal didempul dan ditutup oleh teknisi perusahaan kontraktor yang diturunkan dari Kot Batam. Proses perbaikan telah selesai dan seluruh mesin diservis lantatan sempat terendam air.

Penel menjamin jika mesin kapal seharga Rp 950 juta itu tetap hidup dan dalam kondisi baik setelah ditangani teknisi khusus dari galangan. Saat ini kapal bermesin 200 PK itu diserahkan kembali ke BUMDes melalui pemerintahan desa.

"Itu masih dalam masa pemeliharan. Meskipun kerusakan bukan karena kesalahan perencanaan, tetapi kontraktor bersedia memperbaikinya," tandas PPTK dalam proyek pengadaan speedboat ini.

Baca: Kebocoran Penyebab Speedboat Tenggelam di Desa Serapung Pelalawan

Kapal milik BUMDes Desa Serapung Kecamatan Kuala Kampar tenggelam saat ditambat. Belum diketahui penyebab kapal itu tenggelam di tepi sungai
Kapal milik BUMDes Desa Serapung Kecamatan Kuala Kampar tenggelam saat ditambat. Belum diketahui penyebab kapal itu tenggelam di tepi sungai (istimewa)

Seperti diberitakan sebelumnya, Speedboat milik BUMDes Serapung karam saat ditambah di sungai akibat bocor pada Rabu (19/6/2019) lalu. Sapal itu satu dari empat kapal yang dihibahkan Dishub Pelalawan ke desa-desa yang ada di perairan Kuala Kampar. (Tribunpelalawan.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved