Tampil Wakili Klub Magelang, Atlet Atletik Riau Raih Medali Emas di Jateng Open

Atlet atletik Riau, Elishar Gamashi, meraih medali emas di nomor steeplechase atau halang rintang 3.000 meter, sekaligus lolos ke PON Papua.

Tampil Wakili Klub Magelang, Atlet Atletik Riau Raih Medali Emas di Jateng Open
antara
Atlet atletik Riau, Elishar Gamashi, meraih medali emas pada kejuaraan atletik Jateng Open, sekaligus lolos ke PON tahun depan di Papua.

tribunpekanbaru.com - Atlet atletik Riau, Elisar Gamashi, yang bertanding atas nama klub Tidar Magelang, berhasil meraih medali emas pada nomor steeplechase atau halang rintang 3.000 meter, pada kejuaraan atletik Jawa Tengah (Jateng) Open yang dilaksanakan 4-7 Juli 2019 lalu di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Untuk meraih juara, Elisar Gamashi berhasil menorehkan waktu 9 menit 26,39 detik. Prestasi itu sekaligus meloloskan Elisar tampil ke Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 mendatang di Papua.

Untuk medali perak nomor ini diraih atlet dari Sulawesi Selatan (Sulsel) Syamsudin, dengan catatan waktu 9 menit 30,47 detik, dan medali perunggu diraih atlet Jawa Tengah (Jateng) Ranto, dengan catatan waktu 9 menit 34,37 detik.

Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Riau, Mustafa Kamal melalui Wakil Ketua Umum Raja Edy kepada Tribun, Jumat (6/7) mengatakan, prestasi Elisar itu patut diacungi jempol. Apalagi, dia juga langsung dinyatakan lolos tampil di PON tahun depan di Papua.

Kejuaraan atletik Jateng Open itu diikuti 509 atlet dari 19 provinsi di Indonesia. Kejuaraan tersebut mempertandingkan 45 nomor, dan sekaligus dijadikan ajang kualifikasi PON 2020 di Papua oleh PB PASI.

Pada kejuaraan Jateng Open itu Elisar Gamashi turun bukan mewakili Riau, tetapi tampil mewakili klub Tidar Magelang.

"Sebab waktu Elisar Gamashi akan berangkat mengikuti Jateng Open 2019 dan kita ajukan ke KONI Riau, permintaan kita ditolak KONI," ungkap Raja Edy.

Pihak KONI Riau, jelas Raja Edy, beralasan anggaran yang ada hanya untuk persiapan Porwil 2019. "Makanya Elisar berangkat dan turun mewakili klub, dan hasilnya Alhamdulillah Elisar Gamashi lolos ke PON 2020 di Papua," papar Raja Edy. (rsy)

Penulis: Rino Syahril
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved