Wardan Sebut Daerah Lain Disuruh Mencontoh Inhil Dalam Hal Penyaluran Zakat

Bupati Inhil, HM Wardan, mengklaim kabupaten yang dipimpinnya terbaik dalam penyaluran zakat, sehigga daerah lain diminta mencontoh ke Inhil.

Wardan Sebut Daerah Lain Disuruh Mencontoh Inhil Dalam Hal Penyaluran Zakat
tribun pekanbaru
Bupati Inhil, HM Wardan, saat membuka Rapat Koordinasi Da'i Motivator Baznas se-Kabupaten Indragiri Hilir di aula Kantor Bupati Kabupaten Inhil, Tembilahan, Kamis (4/7) malam lalu. 

tribunpekanbaru.com - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan, menilai pendistribusian zakat, baik zakat konsumtif maupun zakat produktif oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Inhil, telah berjalan sangat baik.

Bahkan menurut Wardan, Pemerintah Pusat menilai Kabupaten Inhil merupakan yang terbaik dalam hal pendistribusian zakat.

“Malah daerah lain disuruh contoh apa yang dilakukan Inhil. Saya juga turut aktif ikut mendistribusikan zakat ini,” kata Wardan saat membuka Rapat Koordinasi Da'i Motivator Baznas se-Kabupaten Indragiri Hilir, di aula Kantor Bupati Kabupaten Inhil, Tembilahan, Kamis (4/7) malam lalu.

Wardan menilai, Kabupaten Inhil merupakan kabupaten yang memiliki potensi besar dalam hal ekonomi umat melalui penyaluran zakat, terutama jika ditinjau dari banyaknya jumlah masyarakat dan perusahaan yang berdiri.

Dia mengaku sangat serius dan responsif terhadap pengembangan zakat di Inhil. Wardan lantas menceritakan, pada awal kepemimpinan selaku Kepala Daerah, dirinya telah mengambil kebijakan pemotongan 2,5 persen dari total gaji ASN untuk disalurkan sebagai zakat.

Tidak hanya sampai di situ, Wardan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Inhil juga memberikan dukungan terhadap Baznas untuk urusan dana operasional melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah.

"Sudah saya sampaikan melalui TAPD menganggarkan Rp2 miliar setiap tahun untuk keperluan operasional Baznas. Ini sudah tahun kedua. Jangan ada satu sen pun dana operasional yang menggunakan dana zakat, jangan," katanya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved