Pemilu 2019

Baru 6 yang Diverifikasi, Bawaslu Riau Belum Terima Berkas 38 Pengawas Pemilu yang Jatuh Sakit

Baru 6 orang dari 44 pengawas yang dilaporkan mengalami musibah dalam bertugas yang sudah berkasnya kami terima dan verifikasi

Baru 6 yang Diverifikasi, Bawaslu Riau Belum Terima Berkas 38 Pengawas Pemilu yang Jatuh Sakit
.
KPU Riau jenguk KPPS yang sakit pasca pemilu 2019 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU-Bawaslu Riau masih menunggu berkas-berkas dari 38 pengawas Pemilu yang jatuh sakit pada saat menjalankan tugas pada Pemilu 2019 kemarin.

Hingga saat ini, Bawaslu Riau baru menerima dan memverifikasi berkas 6 orang petugas pengawas Pemilu.

"Baru 6 orang dari 44 pengawas yang dilaporkan mengalami musibah dalam bertugas yang sudah berkasnya kami terima dan verifikasi. Sebanyak 3 di antaranya berkas pengawas yang meninggal dunia," ujar Anggota Bawaslu Riau, Divisi SDM, Hasan M.Si, Sabtu (6/7/2019).

Hasan mengatakan, belum masuknya berkas pengawas yang mengalami musibah saat menjalankan tugas pada Pemilu lalu menyebabkan Bawaslu Riau tak bisa melakukan verifikasi.

Padahal, verifikasi tersebut merupakan proses wajib sebelum Bawaslu Riau menyalurkan santunan ke para pengawas yang dilaporkan mengalami musibah saat bertugas.

Baca: Berkat Kopassus RI Prajurit Brunei Darussalam bisa Kalahkan Malaysia, Tenyata Latihannya Begini

Baca: Lakukan Tindik di Bagian Tak Biasa, Telinga Wanita Ini Ditumbuhi Benjolan Daging yang Sangat Besar

Hasan mengatakan, berkas-berkas yang akan diverifikasi oleh Bawaslu Riau seharusnya sudah diserahkan ke masing-masing Bawaslu kabupaten dan kota oleh pengawas yang bersangkutan.

Adapun berkas-berkas tersebut kata Hasan, seperti bukti biaya perobatan dari rumah sakit dan lain sebagainya.

"Berkas tersebut dikumpulkan ke Bawaslu masing-masing, selanjutnya Bawaslu kabupaten dan kota mengirimkan ke kami untuk di verifikasi. Kami mengimbau kepada seluruh pengawas yang mengalami kemalangan saat bertugas pada Pemilu 2019 lalu agar segera memasukkan berkasnya agar bisa kami verifikasi untuk penyaluran santunan," ujar Hasan.

Hasan mengatakan, Bawaslu Riau sudah mulai menyalurkan santunan kepada pengawas Pemilu yang dilaporkan mengalami kemalangan pada saat menjalankan tugas.

Baca: Resmi Bergelar Datuk Seri Setia Amanah, Syamsuar Janji Perhatikan Aspirasi Masyarakat Adat di Riau

Baca: Kisah Pilu Nenek Amur yang Miskin, Sebatang Kara Hidup di Gubuk Reyot, Teriak-teriak Saat Lapar

Baru-baru ini, Bawaslu Riau menyalurkan santunan ke pengawas TPS 04 Pasir Kemilu, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu.

Nuraini adalah pejuang demokrasi yang gigih mengawal proses penghitungan suara hingga kandungannya mengalami keguguran pada Pemilu 2019 lalu.

Nuraini mendapatkan santunan dari Bawaslu Riau sebesar Rp16.500.000. (TRIBUNPEKANBARU.COM/Guruh Budi Wibowo)

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved