Digerakkan Listrik 150 Watt, Pagar dan Kanopi Rumah Buka Tutup Otomatis

Tak hanya pagar, kanopi dan pintu garasi rumah juga bisa otomatis. Cara kerja mesin baik pada pagar, maupun kanopi dan pintu garasi hampir sama.

Digerakkan Listrik 150 Watt, Pagar dan Kanopi Rumah Buka Tutup Otomatis
tribun pekanbaru
Kanopi otomatis dioperasikan dengan remote kontrol. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dulu pagar otomatis lebih identik dengan rumah mewah. Pagar bisa buka tutup sendiri dengan harga selangit. Sehingga hal ini hanya bisa dijangkau orang berduit.

Namun sekarang, sudah terjangkau. Mesinnya juga lebih sederhana.

Harisman, pengusaha Auto Gate Pekanbaru mengungkapkan, pagar otomatis dahulu menggunakan rantai dengan mesin motor yang besar.

Sehingga wajar memerlukan biaya tidak sedikit karena pemasangannya juga rumit.

"Dulu pagar otomatis itu kesannya mewah. Biayanya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Beberapa tahun belakangan, pagar dan kanopi otomatis dengan penggerak mesin bertenaga listrik telah tersedia dengan harga terjangkau,” ujar Haris, sapaan akrabnya, Sabtu (6/7/2019).

Tak hanya pagar, kanopi dan pintu garasi rumah juga bisa otomatis. Menurut Haris, cara kerja mesin baik pada pagar, maupun kanopi dan pintu garasi hampir sama.

Menggunakan gear yang diputar oleh dinamo sebagai penggeraknya.

Haris menyebutkan, gear memutar gear rack (batangan besi bergerigi) yang terpasang pada rangka salah satu sisi luar kanopi. Seperti pada sebuah rumah di Jalan Serasi kawasan Panam, Pekanbaru yang baru dirakit Haris.

Pada setiap sudut kanopi dipasang roda. Saat kanopi bergerak, roda berputar pada rel yang terpasang di kedua sisi kanopi.

Untuk pagar, gear rack dipasang pada rangka bawah atau bagian tengah pagar. "Lebih baik dipasang di rangka atas supaya mesin tidak terkena air,” jelas pria 26 tahun ini.

Halaman
1234
Penulis: Fernando Sihombing
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved