Berita Riau

Penabalan Gelar Adat Syamsuar dan Edy Natar Dihadiri oleh Sejumlah Raja dan Sultan

Acara yang penuh sakral dan ritual tersebut juga dihadiri oleh para datuk, datin, sultan dan raja-raja sudah menunggu Gubernur dan Wakil Gubernur Riau

Penabalan Gelar Adat Syamsuar dan Edy Natar Dihadiri oleh Sejumlah Raja dan Sultan
TRIBUNPEKANBARU.COM/Guruh Budi Wibowo
Gubernur Riau, Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution memasuki komplek Balai Adat LAMR untuk menerima gelar adat dari LAMR, Sabtu (6/7/2019) 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Gubernur Riau, Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution tiba ke Balai Adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR). 

Keduanya dijemput di rumah dinas oleh petugas LAMR untuk mengikuti proses penabalan adat yang dimulai pada hari ini, Sabtu (6/7/2019) pagi.

Tiba di Balai Adat, Syamsuar dan Edi Natar Nasution bersama rombongan disambut dengan alat musik tradisional Melayu Riau, Kompang dan juga kesenian silat sebelum menaiki tangga balai.

Di pelataran lantai II Balai Adat, Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat, Datuk Seri Al Azhar dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAMR, Datuk Seri Syahril Abubakar.

Acara yang penuh sakral dan ritual tersebut juga dihadiri oleh para datuk, datin, sultan dan raja-raja sudah menunggu Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang diiringi 7 pejawat adat.

Seluruh sultan dan raja dari Bumi Lancang Kuning juga tak ketinggalan dalam acara tersebut. 

Baca: Gubernur Riau Syamsuar Nyatakan Siap untuk Menjalani Penabalan Gelar Adat dari LAM Riau

Adapun raja dan sultan yang hadir yaitu,bSultan Pelalawan, Kerabat Sultan Siak, Pemangku Kerabatan Sultan Indragiri, Kampar, Rambah dan lainnya. 

Tidak hanya dari Riau saja, penabalan adat tersebut juga dihadiri oleh Raja Pagaruyung beserta para pengusungnya. 

Selain itu, sejumlah tokoh pembesar di Riau juga turut hadir dalam acara tersebut, seperti Kapolda Riau, Danrem, Danlanud, Arhanud, DPRD Riau, para mantan gubernur dan wakil gubernur Riau, seluruh kepala daerah dari kabupaten dan kota serta pendiri LAMR. 

Dewan Pimpinan Harian LAMR, Datuk Seri Syahril Abubakar mengatakan, pada hari ini Gubernur Riau H Syamsuar bakal diberikan gelar adat Datuk Seri Setia Amanah. 

Sedangkan Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI Purn H Edy Natar Nasution diberi gelar adat Datuk Seri Timbalan Setia Amanah.

"Penabalan itu disegerakan mengingat Tuan Syamsuar telah menyandang gelar adat Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Siak saat menjabat sebagai bupati di Siak," ujar Datuk Seri Syahril Abubakar.  (TRIBUNPEKANBARU.COM/Guruh Budi Wibowo)

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved