Berita Riau

VIDEO: Suasana 449 Jemaah Calon Haji Melaksanakan Praktik Manasik Tingkat kabupaten Rohul

Selanjutnya, praktek Thawaf mengelilingi ka-bah sebayak 7 kali, Sa'i berlari kecil sebanyak 7 kali antara bukit shafa dan marwah, Tahallul mencukur

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Sebanyak 449 Jemaah Calon Haji (JCH) asal kabupaten Rokan Hulu (Rohul), yang masuk di Keloter 18 mulai telah selesai mengikuti Manasik haji tingkat Kabupaten Rohul. 

Manasik haji  tingkat kabupaten ‎2019 yang  di pusatkan di mesjid agung islamic center, dilaksanakan selama tiga hari dimulai  pada Selasa (2/7/2019), hingga Kamis (4/7/2019).

Kakan Kemanag Rohul, H. Syahruddin melalui kasi Haji, Martillevi Saleh mengungkapkan, sebanyak 449 JCH asal Rohul, telah mengikuti manasik tingkat Kecamatan dan saat ini mereka juga telah selesai mengikuti manasik tingkat kabupaten yang dipusatkan di mesjid Agung Islamic Center. 

Ia menambahakan, setelah diberikan tentang materi pelaksanaan haji, dihari terakhir seluruh JCH mengikuti praktek pelaksanaan haji dan rukun haji. 

Dijelaskanya, pada praktek ini pihaknya dilakukan rukun-rukun haji, seperti ‎Niat ihram atau niat haji, wukuf berdiam diri di arafah pada 9 dzulhijjah, sejak matahari tergelinsir pada waktu zuhur hingga terbenamnya matahari. 

Baca: VIDEO: 449 Jemaah Calon Haji Ikuti Manasik Tingkat kabupaten Rokan Hulu

Baca: Dibuka Bupati, 564 JCH Inhil Ikuti Manasik Haji di Masjid Raya Al Huda

Selanjutnya, praktek Thawaf mengelilingi ka-bah sebayak 7 kali,  Sa'i berlari kecil sebanyak 7 kali antara bukit shafa dan marwah, Tahallul mencukur rambut, dan tertib tidak meninggalkan salah satu rukun.

"Seluruh JCH Rohul, telah mengikuti praktek rukun haji dan lainnya, dan seluruhnya sangat antusias, mengikuti, dan seolah olah mereka berada di tanah suci," katanya, Kamis. 

Martillevi mengungkapkan, melalui praktek ini diharapkan bisa minimbulkan kerjasama yang baik antar kelompok, pasalnya, pada praktek ini kelompoknya sudah ditetapkan dan bisa menjalin kerjasamanya.

Dirinya  menghimbau kepada JCH untuk menjaga  kesehatan dan fisik, pasalnya fisik  harus benar-benar diperhatikan, di sana (Mekkah) saat ini cuacanya yang dihadapi cukup ekstrim, sehingga fisik harus benar-benar sehat. 

Diakuinya, jika fisik kurang fit dikhawatirkan akan menjadi kendala dalam melaksanakan ibadah haji ke tanah suci, untuk itulah ia berharap seluruh JCH harus benar-benar menjaga kesehatan hingga ke tanah Suci. 

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved